Pemilu 2019

Meski Terbuat dari Kardus, Kotak Suara Pemilu 2019 Tahan Tekanan

Ilham mengaku memiliki berat badan sekitar 107 kilogram, kotak suara yang terbuat dari kardus itu mampu menahan berat badannya ketika ia duduki

Meski Terbuat dari Kardus, Kotak Suara Pemilu 2019 Tahan Tekanan
TribunJakarta.com/Yusuf Bachtiar
Komisoner KPU Ilham Saputra saat membuktikan ketahanan kotak sura Pemilu 2019 yang terbuat dari kardus dengan cara diduduki, Minggu (30/9/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BANTAR GEBANG - Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) memastikan, meski kotak suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 terbuat dari kardus, tetap memiliki kelebihan tahan tekanan.

Bahkan komisioner KPU RI, Ilham Saputra sempat membuktikan kekuatan kotak suara dengan cara diduduki, hal itu dilakukan saat ia melakukan pemantauan langsung ke pabrik produsen kotak dan bilik suara di PT Karya Indah Multiguna (KIM), di Jalan Narogong, Kota Bekasi, Minggu (30/9/2018).

Ilham mengaku memiliki berat badan sekitar 107 kilogram, kotak suara yang terbuat dari kardus itu mampu menahan berat badannya ketika ia duduki.

"Anda sudah bisa lihat ya, ini kan juga termasuk saya dan pak Arief yang badannya lebih besar diantara komisioner lain, kita dudukin tidak ada masalah, artinya ini kekuatannya cukup besar," kata Ilham.

Sedangkan untuk kapasitas kotak suara dapat menampung beban seberat 16 kilogram. Nanti ketika proses distribusi, dalam satu kotak suara akan berisi berbagai perlengkapan pemilu mulai dari surat suara, dan perlengkapan formulir lainnya.

Lupa Password Untuk Login di Akun SSCN? Simak Caranya dan Jangan Sampai Salah Input Data

Mayoritas Kotak Suara Pemilu 2019 Diproduksi di Bekasi

Tiba di Palu, Jokowi Susuri Puing dan Bangunan Runtuh Pasca Gempa dan Tsunami

"Karena surat suara itu kalo kita hitung, misal presiden satu TPS 300 kertas belum lagi nanti kalo dimasukan beberapa item formulit ketika hari H mungkin bisa mencapai 10 kilogram sampai 15 kilogram," ujarnya.

Sementara itu, Johan Purwanto Direktur PT KIM, selaku perusahan yang memproduksi kotak dan bilik suara menjelaskan, selain mampu menahan beban tekanan dan memiliki kapasitas daya tampung hingga 16 kilogram, kotak suara itu juga didesain agar tidak mudah rusak ketika terkena air.

"Melihat kondisi geografis Indonesia ada kepulauan ini kotak suara ada lapisan anti airnya, memang tidak didesain untuk terendam air, tapi kalau kecipratan tidak akan rusak," jelas dia.

Proses produksi kotak dan bilik suara untuk kebutuhan pemilu 2019 dimulai hari ini, rencanaya proses produksi akan rampung hingga 30 november 2018.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved