Kocar Kacir Pedagang Hewan di Jatinegara Kepergok Satpol PP, Kabur Masuk Halaman Sekolah

Sejumlah pedagang hewan yang biasa berjualan di Jatinegara kabur saat petugas Satpol PP berusaha menertibkan mereka.

Kocar Kacir Pedagang Hewan di Jatinegara Kepergok Satpol PP, Kabur Masuk Halaman Sekolah
TribunJakarta.com/Dionisius Arya Bima Suci
Para pedagang hewan mengeluarkan gerobak dagangannya dari halaman SMK Darul Mukminin, Jatinegara, Jakarta Timur, Selasa (2/10/2018), dikawal Satpol PP. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, JATINEGARA - Sejumlah pedagang hewan yang biasa berjualan di Jatinegara kabur saat petugas Satpol PP berusaha menertibkan mereka.

Begitu puluhan petugas tiba di dekat Pasar Hewan Jatinegara, beberapa pedagang yang berjualan di atas trotoar langsung kocar-kacir.

Beberapa mereka masuk ke dalam SMK Darul Mukminin untuk mengelabui petugas.

Petugas Satpol PP tidak tinggal diam dan langsung mengejar mereka yang masuk ke lingkungan sekolah, tepat di sebelah Mall City Plaza Jatinegara.

Petugas keamanan dan Kepala SMK Darul Mukminin pun medapat teguran keras dari petugas Satpol PP lantaran membiarkan para pedagang masuk ke lingkungannya.

"Saya enggak ada kebijakan apa-apa kalau masalah PKL, mereka yang masuk sendiri," ujar Buan, Kepala SMK Darul Mukminin saat ditemui TribunJakarta.com pada Selasa (2/10/2018).

Ia menambahkan, selama ini tidak pernah melarang para pedagang untuk masuk ke halaman sekolahnya saat petugas Satpol PP berusaha menertibkan mereka lantaran kasihan terhadap mereka.

"Sebenarnya keberatan mereka masuk, tapi enggak tega kalau mau mengusir. Atas dasar kemanusiaan saja, pedagang kan orang kecil mau mencari rezeki, masuk ke sini enggak apa-apa," ucap dia.

Pantauan TribunJakarta.com di lokasi, tak hanya para pedagang hewan yang masuk ke sana untuk bersembunyi dari kejaran petugas Satpol PP, beberapa gerobak milik penjual bakso dan minuman turut disimpan di halaman parkir sekolah itu.

Setelah ditegur oleh petugas Satpol PP, akhirnya pihak sekolah mengusir pergi para pedagang yang sempat masuk ke halaman SMK Darul Mukminin.

Sementara itu, menurut Kasatpol PP Jatinegara Sadikin, operasi ini untuk menegakkan Perda No 8 tahun 2007 tentang ketertiban umum sekaligus mengembalikan fungsi trotoar sebagai hak bagi pejalan kaki.

"Penertiban kami lakukan dalam rangka memberi kenyamanan dan keamanan bagi masyarakat, apalagi sekarang trotoar sudah banyak di alih fungsikan oleh pedagang," ucapnya kepada TribunJakarta.com.

"Makanya kami tertibkan agar fungsi trotoar kembali untuk pejalan kaki," tambahnya.

Penulis: Dionisius Arya Bima Suci
Editor: Y Gustaman
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved