Breaking News:

Uji Pengetahuan Malam Final Putra Putri Batik Nusantara 2018: 16 Finalis Diminta Tebak Motif Batik

Acara yang digelar Balairung Soesilo Soedarman Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata Jakarta ini merupakan tahun ke delapan sejak 2011.

TribunJakarta.com/Anisa Kurniasih
Salah seorang finalis Putri Batik Nusantara 2018 saat sedang menjelaskan motif batik pada sesi tanya jawab di malam final pemilihan Putra Putri Batik Nusantara 2018, Sabtu (6/10/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Anisa Kurniasih

TRIBUNJAKARTA.COM, MENTENG - 16 Finalis Putra - Putri Batik Nusantara 2018 diuji pengetahuannya dengan menebak gambar motif batik dalam malam final pemilihan Putra - Putri Batik Nusantara 2018.

Acara yang digelar Balairung Soesilo Soedarman Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata Jakarta ini merupakan tahun ke delapan sejak pertama kalinya diadakan pada 2011 silam.

Didepan para juri dan tamu undangan, ke-16 finalis yang berasal dari berbagai daerah seperti DKI Jakarta, Daerah Istimewa Jogjakarta dan lainnya mampu menjawab dengan lantang untuk motif batik yang ditampilkan pada layar.

Setiap finalis diminta untuk maju bergantian diatas panggung dengan diberi pertanyaan satu motif batik yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia seperti batik asal Bengkulu, batik Betawi, Jogjakarta dan lainnya.

Hal tersebut pun menjadi penilaian untuk para dewan juri yang menyaksikan sehingga nantinya akan dipilih kembali untuk enam besar, tiga dari finalis putra dan tiga dari finalis putri.

Sorak dukungan dan teriakan dari pendukung pun mewarnai kemeriahan ajang pemilihan Putra Putri Batik Nusantara 2018.

Sapta Nirwandar selaku inisiator & Founder Ikatan Pecinta Batik Nusantara (IPBN) mengatakan bahwa latar belakang ajang ini sendiri adalah dalam rangka melestarikan batik indonesia yang telah diakui oleh UNESCO sebagai Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity dari Indonesia pada tahun 2009.

"Diharapkan Pemilihan Putra Putri Batik Nusantara 2018 menjadi wahana regenerasi yang efektif untuk menumbuhkan rasa cinta dan kebanggaan pada warisan budaya nusantara di kalangan generasi muda sebagai generasi penerus bangsa," ujarnya saat konferensi pers di Gedung Sapta Pesona Jakarta Pusat, Sabtu (6/10/2018).

Sebagai hadiah, para pemenang Putra dan Putri Batik Nusantara 2018 akan mendapatkan uang tunai masing-masing senilai Rp 50 juta, Rp 25 Juta, dan Rp 15 juta untuk pemenang 1, 2, dan 3.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved