Beri Identitas Becak Zaman Now, Sebaja Buat Rompi hingga Usulkan Nama Baru untuk Becak

Rasdullah menambahkan, rompi yang dibuat bewarna abu-abu dengan memiliki desain becak serta identitas Sebaja.

Beri Identitas Becak Zaman Now, Sebaja Buat Rompi hingga Usulkan Nama Baru untuk Becak
TribunJakarta.com/Novian Ardiansyah
Ponijan tukang becak di Pasar Pejagalan, Kelurahan Pekojan, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat, Selasa (9/10/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Novian Ardiansyah

TRIBUNJAKARTA.COM, KEMBANGAN - Serikat Becak Jakarta (Sebaja) berencana memberikan identitas diri untuk pengemudi angkutan becak yang ada di seluruh DKI Jakarta.

Satu cara yang akan dilakukan Sebaja untuk menandakan becak yang beroperasi di Jakarta ialah dengan membuatkan seragam berupa rompi.

Koordinator Serikat Becak Jakarta (Sebaja) Rasdullah mengatakan, pemberian identitas rompi tersebut merupakan bagian dari mengikuti perkembangan zaman.

Semisal ojek online dan beberapa pasukan pelangi yang mempunyai identitas dari seragam. Begitu juga yang diinginkan Sebaja terhadap para tukang becak.

"Jadi kita mengikuti zaman lah, jadi kita akan buat becak zaman now gitu. Jadi supaya Satpol PP ketika melakukan gerakan itu tidak salah sasaran. Jadi enggak kaya becaknya yang dulu digaruki (diamankan)," kata Rasdullah saat dihubungi, Selasa (9/10/2018).

Rasdullah menambahkan, rompi yang dibuat bewarna abu-abu dengan memiliki desain becak serta identitas Sebaja.

"Ada tulisannya, ada gambar becaknya, terus ada tulisannya Sebaja gitu. Terus diputarannya itu ada kaya gambar gir becak gitu, di puterannya itu juga ada tulisan Sebaja Serikat Becak Jakarta," tutur Rasdullah.

Saat ini sendiri, kata Rasdullah, pembuatan rompi sudah dilakukan untuk para tukang becak yang mangkal di Telung Gong, Jakarta Utara.

"Rompi iya kita yang buat, saweran dari tukang becaknya. Baru diberikan untuk yang mangkal di Teluk Gong, ini bertahap," kata Rasdullah.

Atlet Judo Miftahul Jannah Didiskualifikasi: Pujian Menteri Imam Nahrawi, Hingga Beralih ke Catur

Sederet Fakta Terbongkarnya Jasa Telepon Seks di Tangerang: Gaji Operator Hingga Bos Korea

Selain membuat rompi sebagai identitas becak zaman now, dikatakan Rasdullah, Sebaja juga mempunyai sebutan baru untuk alat transportasi beroda tiga itu.

Jika biasanya disebut becak, kali ini Sebaja bersama tukang becak lainnya mencetuskan penamaan Angling Darma sebagai kata ganti untuk nama becak.

"Becaknya juga diganti namanya bukan becak. Namanya Angling terus teman-teman ngelanjutin namanya Angling Darma. Jadi angkutan lingkungan dari masyarakat," jelas Rasdullah.

Ia menambahkan, ke depan akan ada dua jenis becak yang beroperasi, yaitu becak tradisional dengan becak listrik.

"Nah terus becak ada dua, ada pakai listrik ada becak biasa. Yang pakai listrik itu namanya Beol Cepirit, artinya becak online cepat dan irit," ujarnya.

Penulis: Novian Ardiansyah
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved