Breaking News:

1 Tahun Kinerja Anies Baswedan

Anies Baswedan Berkomitmen Selesaikan Persoalan yang Terjadi di Jakarta, Termasuk Tanah Abang

menurut Anies saat ini dirinya sedang berupaya menciptakan suasana Pasar Tanah Abang menjadi lebih baik dari sebelumnya

Tribunnews/JEPRIMA
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat melakukan sesi wawancara khusus dengan Tribun Network di Gedung Balaikota, Jakarta Pusat, Senin (15/10/2018). Pada wawancara tersebut tim Tribun membahas mengenai kinerja Anies selama 1 tahun kebelakang sekaligus kinerja kedepannya yang akan dia lakukan. Tribunnews/Jeprima 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berupaya untuk membereskan permasalahan yang ada di Tanah Abang Jakarta Pusat.

Namun terkait hal itu, Anies mengingatkan, bahwa solusi penataan kawasan Tanah Abang tidaklah masuk ke dalam salah satu janjinya. Hanya saja, sebagai Gubernur Anies merasa memiliki tanggung jawab dengan penataan Tanah Abang tersebut.

"Saya tidak pernah berjanji untuk membereskan Tanah Abang. Coba cek di janji saya. Tapi bahwa itu ada masalah muncul, dan saya harus merespon, iya (benar)," ujar Anies Baswedan, Senin (15/10/2018) malam.

Anies mengatakan, bahwa tak ada satupun masalah di Ibukota yang bisa membuat dirinya lepas tangan begitu saja.

Karena itu, menurut Anies saat ini dirinya sedang berupaya menciptakan suasana Pasar Tanah Abang menjadi lebih baik dari sebelumnya.

"Tidak ada masalah yang ada di Jakarta yang saya bisa lepas tangan. Jadi saya mau luruskan framework nya seakan akan itu janji. Enggak. Jadi kalau Anda mau nagih janji, ya tagihlah yang saya janjikan. Kalau janji, saya tepati Insha Allah," kata Anies.

Anies menjabarkan, salah satu faktor utama keriuhan yang terjadi di Tanah Abang adalah lantaran adanya dua simpul kegiatan besar yang dipertemukan, yakni perniagaan dan pergerakan manusia.

Menurut Anies, setidaknya ada sekitar 178 ribu masyarakat beraktivitas dengan menggunakan sarana transportasi di Stasiun Tanah Abang.

Selain itu, Tanah Abang juga merupakan pusat perbelanjaan.

Respon Luhut Panjaitan Soal Masalah Hukum yang Terjadi pada Proyek Meikarta

KPK Beberkan Alasan Digunakannya Kode di Kasus Dugaan Suap Perizinan Meikarta

"Gak usah jauh-jauh, ada pertandingan sepak bola, 200 orang kumpul, ya semua orang dagang di situ. Cari hidup langsung. 200 orang tonton pertandingan, apalagi 178 ribu tiap hari," tuturnya.

Karena hal itu, Anies berupaya memisahkan atau mengkatagorikan kedua simpul kegitan tersebut sehingga tak kembali menimbulkan kegaduhan.

Salah satunya dengan pembangunan Skybridge atau Jembatan Penyebrangan Multiguna (JPM) Tanah Abang.

"Kita siapkan. Jadi antara mereka yang mau belanja, berkegiatan, atau seperti belanja spontan, ini kita sedikan fasilitasnya. Untuk lalu lintas pergerakan orang siapkan fasilitasnya. Sampai nanti kita pantau perkembangannya seperti apa," ujar Anies.

Penulis: Pebby Ade Liana
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved