Ditetapkan Tersangka, Caleg Perindo yang Bagi-bagi Minyak Goreng Masih Boleh Kampanye

Benny menjelaskan, sesuai dengan regulasi, dugaan pelanggaran pemilu yang dilakukan David tidak tergolong pelanggaran TSM

Ditetapkan Tersangka, Caleg Perindo yang Bagi-bagi Minyak Goreng Masih Boleh Kampanye
Istimewa
Penyidik Sentra Gakkumdu menyerahkan berkas penyidikan kepada Koordinator Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Bawaslu Jakarta Utara, Benny Sabdo di Polres Metro Jakarta Utara. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, TANJUNG PRIOK - Caleg DPRD DKI Jakarta dari Partai Perindo David H Rahardja ditetapkan sebagai tersangka setelah diduga melakukan tindak pidana pemilu dalam kegiatan pembagian minyak goreng saat kampanye.

Koordinator Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Bawaslu Jakarta Utara, Benny Sabdo mengatakan, meski sudah ditetapkan sebagai tersangka, David tidak akan didiskualifikasi sebagai caleg.

Artinya, David masih bisa melakukan kegiatan kampanye ke depannya.

Benny menjelaskan, sesuai dengan regulasi, dugaan pelanggaran pemilu yang dilakukan David tidak tergolong pelanggaran terstruktur, sistematis, dan masif (TSM).

"Itu kan yang syarat mendiskualifikasi harus TSM. Nah klo unsur itu kan blm ya, Bawaslu tidak mengarah ke sana, tapi lebih mengarah ke dugaan pidananya. Artinya membagi-bagi sembako itu kan bagian dari politik uang," kata Benny saat dihubungi TribunJakarta.com, Jumat (19/10/2018).

Benny menambahkan, alasan lain David tidak dinyatakan TSM adalah lantaran caleg Perindo tersebut membagikan minyak hanya di dua tempat, yakni Cilincing dan Kelapa Gading, yang keduanya adalah wilayah kecamatan di Jakarta Utara.

Sementara yang bisa dinyatakan TSM adalah caleg yang melakukan politik uang di 50 persen wilayah dapilnya.

"Karena kan baru dua tempat, klo TSM itu kan syaratnya harus 50 persen di dapilnya. Kalo misalkan 50 persen itu kan kalo di Jakut saja ada 6 kecamatan dan 31 kelurahan jadi belum mengarah," kata Benny.

Ahmad Dhani Tersangka Pencemaran Nama Baik: Sebut Polisi Tak Paham Hingga Dapat Petuah Gerindra

Pedagang Jas Hujan di Pasar Asemka Mampu Jual 50 Lusin Sehari

"Jadi dia boleh kampanye, silakan saja kalau mau kampanye monggo tapi kampanyenya sesuai aturan, prinsipnya kan begitu," tandasnya.

Sebelumnya, pada 23 September lalu, Caleg Perindo David Raharja diketahui membagi-bagikan minyak goreng ke sejumlah warga di wilayah Cilincing dan Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Tak hanya minyak goreng, David dan timnya juga kedapatan membagikan stiker berisi ajakan memilih dirinya dalam pemilu mendatang.

David pun ditetapkan sebagai tersangka lantaran diduga melanggar tindak pidana pemilu sebagaimana diatur dalam Pasal 523 ayat (1) juncto Pasal 280 ayat (1) huruf j UU No. 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

Penulis: Gerald Leonardo Agustino
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved