Breaking News:

Gubernur Anies Siapkan Aturan Rusunawa Bisa Jadi Hak Milik

Gubernur DKI Jakarta menyiapkan aturan pengalihan rumah susun sederhana sewa agar bisa menjadi hak milik setelah 20 tahun.

TribunJakarta/Gerald Leonardo Agustino
Rusun Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara. Foto diambil pada Kamis (4/10/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Gubernur DKI Jakarta menyiapkan aturan pengalihan rumah susun sederhana sewa agar bisa menjadi hak milik setelah 20 tahun.

Aturan ini disiapkan Anies, untuk mengakomodasi warga yang berpenghasilan di bawah UMP.

"Ada tata caranya. Nanti sesudah jadi peraturan, saya ceritakan. Karena memang yang begini-begini itu, baru disampaikan langsung ramai dulu," ujar Anies Baswedan, Kamis (18/10/2018).

"Iya betul, makanya itu ada tata aturannya. Serius. Apalagi sudah 20 tahun. 20 tahun ya? Ada aturannya. Nanti sesudah jadi, saya tunjukan rentetan aturannya," tambahnya

Anies mengatakan, rusunawa ini memiliki konsep sewa beli. Di mana, anda menyewa rusun tersebut seperti biasa, namun nantinya bisa menjadi hak milik setelah 20 tahun.

"Dengan ada harapan memiliki, ada insentif untuk merawat, memperbaiki, menjaga. Kenapa? Karena ini akan bisa menjadi milik anda. Konsepnya sewa beli. Ada mekanismenya, sekarang saya tidak bawa aturannya. Ada mekanismenya. Nanti kalau sudah jadi peraturan, nanti kita atur. Program ini pun pakai Pergub, kita susun," kata Anies.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta itu telah meluncurkan program SAMAWA (Solusi Rumah Warga) lewat Rusunami DP Rp.0.

Program tersebut hanya diperuntukkan bagi warga DKI Jakarta yang berpenghasilan diatas UMP yakni mulai dari Rp. 4 juta hingga Rp. 7 juta.

"(Selama 20 tahun) sewa. Memang semuanya menyewa. Dan itu bukan barang baru kok. Rent to own itu program (lama). Samalah seperti dulu saya cerita DP nol rupiah tahun lalu juga ramai betul. Tidak bisa pak. Its posibble. Rent to own sederhana kok. Bahkan dulu di pemerintahan pun biasa," ujar Anies.

Penulis: Pebby Ade Liana
Editor: Y Gustaman
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved