Medadak Ganti Pesawat, Penjelasan Batik Air Tinggalkan 2 Penumpang di Bandara Soekarno-Hatta ke Bali

Menurutnya, Batik Air telah menawarkan dan membantu dua tamu yang terdampak dengan memindahkan penerbangan pada hari dan rute yang sama.

Medadak Ganti Pesawat, Penjelasan Batik Air Tinggalkan 2 Penumpang di Bandara Soekarno-Hatta ke Bali
ISTIMEWA
Batik Air tipe pesawat Airbus A320-200CEO saat akan diterbangkan dari Bandar Udara Toulouse Blagnac menuju Indonesia. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Ramai beredar kabar dua penumpang Batik Air ditinggalkan pesawat dari Bandara Soekarno-Hatta tujuan Bandara Ngurah Rai, Denpasar, Kamis (18/10/2018) kemarin.

Kabar tersebut viral di sosial media lantaran sempat tidak ada tanggapan dan pemberitahuan dari pihak Lion Air Group.

Seharusnya dua penumpang yang dijadwalkan terbang menggunakan pesawat bernomor ID-6061 dengan jadwal keberangkatan pukul 08.55 WIB, Kamis (18/10/2018).

Corporate Communications Strategic of Batik Air, Danang Mandala Prihantoro menjelaskan, hal tersebut terjadi dikarenakan adanya kebijakan mengganti jenis pesawat di rute tersebut.

"Dengan pertimbangan faktor pergerakan pesawat guna memastikan ketepatan waktu keberangkatan serta dalam upaya menjaga on time pada rotasi serta operasional Batik Air berikutnya," ujar Danang dalam keterangan tertulisnya di Tangerang, Sabtu (20/10/2018).

Dari kondisi tersebut, Ucap Danang, menyebabkan terjadinya kelebihan penumpang berjumlah dua orang penumpang.

Pada penerbangan ID-6061 seharusnya dioperasikan dengan armada jenis Boeing 737-800NG (B738) yang berkapasitas 12 kelas bisnis dan 150 kelas ekonomi.

Saat pergantian pesawat menggunakan pesawat Airbus A320-200CEO (A320) hanya memiliki 12 kelas bisnis dan 144 kelas ekonomi.

"Dalam kondisi ini terdapat selisih enam kursi di kelas ekonomi antara A320 dan B738," kata Danang.

Menurutnya, Batik Air telah menawarkan dan membantu dua tamu yang terdampak dengan memindahkan penerbangan pada hari dan rute yang sama.

Berdasarkan hasil negosiasi bersama, telah menyetujui solusi layanan untuk berangkat dengan jadwal terbaru yaitu layanan Batik Air bernomor ID-6512 pukul 10.55 WIB.

Sederet Fakta Terungkap dalam Rekonstruksi Peluru Nyasar dari Lapangan Tembak Senayan ke Gedung DPR

Polemik Penertiban PAUD Tunas Bina di Jakarta Barat Hingga Camat Dicopot Anies

"Kami sampaikan permohonan maaf sebesar-besarnya kepada dua tamu atas ketidaknyamanan yang timbul dari terganggu perjalanannya," ucap Danang.

Danang juga menjelaskan, pihaknya tidak menjual kembali dari tiket pelanggan yang sudah melakukan pelaporan diri dan mendaftarkan bagasi atau barang bawaan.

Penulis: Ega Alfreda
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved