Sepanjang 2018 Ada 72 Kasus Kekerasan Anak dan Perempuan di Kota Tangerang

"Paling banyak, rata-rata korbannya perempuan. Khusus cyber bullying masih sedikit ditemukan. Karena minimnya kesadaran korban menceritakannya," kata.

Sepanjang 2018 Ada 72 Kasus Kekerasan Anak dan Perempuan di Kota Tangerang
ISTIMEWA
Diskusi Publik Cyber Bullying yang diadakan di Tangerang City Mall, Sabtu (20/10/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Puluhan kasus kekerasan terhadap anak dan perempuan yang terjadi di Kota Tangerang harus mendapatkan perhatian dari berbagai pihak.

Hal ini diperlukan dari dalam lingkungan keluarga agar kekerasan terhadap perempuan dan anak tidak kembali terulang.

Kepala Bidang Perlindungan Anak dan Perempuan Dinas P2TP2AKB Kota Tangerang, Irna Rudiana menerangkan, mulai bulan Januari sampai Agustus 2018 angka kekerasan terhadap anak dan peremuan di Tangerang telah mencapai 72 kasus.

Menurutnya, dari 72 kasus itu korbannya didominasi oleh perempuan.

"Paling banyak, rata-rata korbannya perempuan. Khusus cyber bullying masih sedikit ditemukan. Karena minimnya kesadaran korban menceritakannya," ujar Irna dalam Keterangan Resminya di Tangerang, Senin (22/10/2018).

Namun, Irna mengatakan untuk menekan angka tersebut pemerintah Kota Tangerang telah melakukan berbagai upaya.

Diantaranya gencar melakukan sosialisasi hingga pencegahan dengan lintas sektoral seperti yang terdapat pada Dinas Pendidikan dan Satpol PP Kota Tangerang.

"Pemerintah juga telah membuat peraturan seperti Undang Undang ITE untuk melindungi masyarakat khususnya anak dan perempuan agar tidak menjadi korban kekerasan. Pemerintah menerima pengaduan, sehingga masalah tersebut dapat dikonsultasikan," jelas Irna.

Berdasarkan data dari Komnas Perlindungan perempuan kasus kekerasan pada perempuan dan anak didominasi oleh kasus perdagangan manusia dan prostitusi online.

Halaman
12
Penulis: Ega Alfreda
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved