Ini Modus Pengoplos Gas Elpiji 3 Kilogram ke 12 Kilogram di Cikarang Barat

Luthfie Sulistiawan mengatakan, untuk mengisi tabung gas elpiji 12 kilo, pelaku membutuhkan sedikitnya empat tabung gas elpiji 3 kg.

Ini Modus Pengoplos Gas Elpiji 3 Kilogram ke 12 Kilogram di Cikarang Barat
WARTA KOTA/MUHAMAD AZZAM
Polres Metro Bekasi membongkar tempat pengoplosan gas elpiji bersubsidi 3 kilogram ke tabung gas elpiji 12 kilogram. Tindakan pengoplosan dilakukan disebuah lapak jualan di Kampung Telajung, RT 01 RW 04, Desa Telajung, Kecamatan Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi.  

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI - Aparat Polres Metro Bekasi membongkar tempat pengoplosan gas elpiji bersubsidi 3 kilogram ke tabung gas elpiji 12 kilogram.

Alhasil ratusan tabung gas elpiji 3 kilogram dan 12 kilogram disita polisi.

Tindakan pengoplosan dilakukan di lapak jualan di Kampung Telajung RT 01 RW 04, Desa Telajung, Kecamatan Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi.

Wakil Kepala Polres Metro Bekasi (Wakapolres) AKBP Luthfie Sulistiawan mengatakan, pelaku pengoplosan berinisial TS (42) ditangkap setelah mendapatkan informasi dari masyarakat yang mencurigai aktivitas tersebut.

"Pelaku kami tangkap dilokasi pengoplosan gas elipiji tersebut. Dari lokasi ditemukan ratusan gas elipiji, bahkan ada yang sedang proses pengoplosan," kata Luthfie Sulistiawan, Rabu (24/10/2018).

Luthfie Sulistiawan mengatakan, pelaku melakukan pengoplosan denngan cara manual atau seadanya.

Pelaku hanya bermodalkan selang regulator lalu disambungkan kedua katub tabung gas.

Kemudian tabung 3 kg diposisikan terbalik agar gas elpiji di dalamnya mengalir ke dalam gas elpiji 12 kg yang kosong.

"Cara yang dilakukan pelaku selama proses penyuntikan gas elpiji terbilang cukup berisiko. Gas itu akan terasa panas dan bisa menimbulkan ledakan. Tapi pelaku mengakalinya dengan meletakkan tabung di dalam bak berisi air dan es batu," katanya.

Luthfie Sulistiawan mengatakan, untuk mengisi tabung gas elpiji 12 kilo, pelaku membutuhkan sedikitnya empat tabung gas elpiji 3 kg.

Halaman
12
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved