Pemulihan Psikologi Korban Pasca Bencana, Anies Kirim 22 Personel Tim Psikososial ke Wilayah Bencana

"Keberangkatan ini jangan pernah dianggap sebagai beban. Tapi, pandang sebagai sebuah kehormatan," kata Anies.

Pemulihan Psikologi Korban Pasca Bencana, Anies Kirim 22 Personel Tim Psikososial ke Wilayah Bencana
TRIBUNJAKARTA.COM/PEBBY ADE LIANA
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melepas tim psikososial ke Lombok di Balai Kota DKI Jakarta tadi malam, Rabu (24/10/2018). 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah melepas 17 personel Tim Psikososial untuk pemulihan warga pasca bencana gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat. 

Dimana, setelah itu keberangkatan tim bersebut akan dilanjutkan ke Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah secara bergantian setelah fase tanggap darurat bencana berakhir.

"Keberangkatan ini jangan pernah dianggap sebagai beban. Tapi, pandang sebagai sebuah kehormatan. Bapak-ibu mewakili kami semua yang hanya bisa mendoakan, dan bapak - ibu bisa berada langsung dekat peristiwa terjadi, termasuk memberikan bantuan secara psikosial,” kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tadi malam, Rabu (24/10/2018).

Sebagai informasi, pengerahan tim ini merupakan hasil dari kolaborasi antara Pemprov DKI Jakarta dengan Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) DKI Jakarta.

Menurut ketua HIMPSI DKI Jakarta Widura Imam Mustopo, terdapat dua kegiatan utama yang akan dilakukan.

Pertama, tim akan berusaha melatih para calon pelatih (Training For Trainer/ lTFT) di Lombok untuk melaksanakan pertolongan pertama yang berkaitan dengan psikologis. Dan kedua, untuk segera melakukan pendampingan psikososial.

Fenomena Tanah Retak Usai Turun Hujan Terjadi di Depok, Bogor Hingga Kabupaten Tangerang

Butuh Waktu 8 Tahun, Kawasan Tanah Abang Bakal Ditata Seperti di SCBD

“Fasenya sudah melewati tanggap darurat. Karena itu, kita melakukan rehabilitasi dan recovery,” kata Widura.

Diketahui, 17 personel TIm Psikososial Pemprov DKI Jakarta tersebut, terdiri atas relawan aparatur Pemprov DKI Jakarta yang berasal dari unsur BPBD Provinsi DKI Jakarta, Satpol PP Provinsi DKI Jakarta, Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta, BPSDM Provinsi DKI Jakarta, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, pendamping dari Setda serta BAZIS DKI Jakarta, serta 5 dari anggota HIMPSI.

Dimana, tim tersebut beraktivitas selama 10 hari di Lombok, dimulai hari ini 25 Oktober hingga 3 November 2018 mendatang.

Penulis: Pebby Ade Liana
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved