Proyek Pembangunan MRT Jakarta Fase 2, Pemerintah Dapat Pinjaman dari Jepang Rp 9,4 Triliun

Nilai pinjaman ODA tersebut sebesar 70,210 miliar Yen atau setara Rp 9,4 triliun.

Proyek Pembangunan MRT Jakarta Fase 2, Pemerintah Dapat Pinjaman dari Jepang Rp 9,4 Triliun
Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Kereta Mass Rapid Transit (MRT) saat diujicoba melintasi rel di Kawasan Depo MRT, Lebak Bulus, Jakarta Selatan.  

TRIBUNJAKARTA.COM, PALMERAH - Pemerintah dan Japan International Cooperation Agency (JICA) melakukan penandatanganan Perjanjian Pinjaman Official Development Assistance (ODA) terkait proyek pembangunan MRT Jakarta fase 2.

Nilai pinjaman ODA tersebut sebesar 70,210 miliar Yen atau setara Rp 9,4 triliun.

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan RI, Luky Alfirman, dan Chief Representative JICA Indonesia, Yamanaka Shinichi, di Gedung Frans Seda Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan Republik Indonesia, Jakarta Pusat.

Dalam hal perjanjian pinjaman ini, Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan RI bertindak sebagai executing agency, dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebagai implementing agency, PT MRT Jakarta akan bertindak sebagai sub-implementing agency.

Corporate Secretary Division Head MRT Jakarta, Tubagus Hikmatullah, mengatakan, sebelum penandatanganan perjanjian pinjaman ini dilakukan telah dilaksanakan pula penandatanganan exchange of notes oleh Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri RI, Desra Percaya, dan Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Masafumi Ishii, di Kantor Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta Pusat.

Butuh Waktu 8 Tahun, Kawasan Tanah Abang Bakal Ditata Seperti di SCBD

Fenomena Tanah Retak Usai Turun Hujan Terjadi di Depok, Bogor Hingga Kabupaten Tangerang

"Jangka waktu peminjaman selama 40 tahun, termasuk grace period atau tenggang waktu 12 tahun sejak penandatanganan perjanjian pinjaman dilakukan," kata Hikmatullah dalam siaran pers resmi PT MRT Jakarta, Rabu (24/10/2010).

Penandatanganan perjanjian pinjaman tersebut adalah tahapan pertama slice loan dari total komitmen pinjaman untuk fase 2 MRT Jakarta senilai 208,132 miliar Yen atau setara dengan Rp 25 triliun. (Feryanto Hadi)

Artikel ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul Bangun MRT Jakarta Fase 2, Pemerintah Utang ke Jepang Rp 9,4 Triliun

Editor: Wahyu Aji
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved