Kasus Korupsi

Wakil Ketua Umum PAN Jadi Tersangka, Mahfud MD Pernah Bilang Kucing Mengeong, Tikus Tetap Ditangkap

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Wakil Ketua KPK DPR RI Taufik Kurniawan sebaga tersangka. Mahfud MD minta KPK jangan takut

Wakil Ketua Umum PAN Jadi Tersangka, Mahfud MD Pernah Bilang Kucing Mengeong, Tikus Tetap Ditangkap
TRIBUNNEWS/FITRI WULANDARI
Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat asal Fraksi PAN, Taufik Kurniawan 

TRIBUNJAKARTA.COM- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Wakil Ketua KPK DPR RI Taufik Kurniawan sebaga tersangka pada Selasa (30/10/2018).

Taufik Kurniawan disangka menerima suap pengalokasian Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk Kabupaten Kebumen yang bersumber dari APBN tahun 2016.

Taufik Kurniawan yang juga menjabat sebagai wakil ketua umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) itu menambah deretan politikus yang kembali terjerat kasus korupsi.

Sebelum penetapan Taufik Kurniawan jadi tersangka, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD mengatakan KPK tidak tebang pilih dalam menuntaskan kasus korupsi yang melibatkan politikus dari partai politik.

Berikut rangkuman TribunJakarta:

1. Diduga Terima Fee Rp 3,65 miliar

KPK mengatakan Taufik Kurniawan diduga menerima hadiah atau janji terkait dengan perolehan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik pada perubahan APBN Tahun Anggaran 2016.

Atas perbuatannya, Taufik Kurniawan disangkakan melanggar Pasal 12 huruf a atau Pasal 12 huruf b atau Pasal 11 Undang-Undang No 31 tahun 199c tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 tahun 2001.

Wakil Ketua KPK, Basaria Panjaitan mengatakan penetapan tersangka pada Taufik Kurniawan dan Cipto Waluyo Ketua DPRD Kab Kebumen periode 2014-2019 merupakan pengembangan dari dua perkara terkait pembahasan ‎dan pengesahan anggaran APBD dan APBD-P Kab Kebumen periode 2015-2016 dan pokok pikiran DPRD Kebumen serta DAK Kab Kebumen tahun 2016.

Pernah Ingatkan Kader PAN Jauhi Korupsi, Taufik Kurniawan Tersangka KPK Hingga Sandi 1 Ton

Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan Jadi Tersangka Kasus Dugaan Korupsi DAK Kebumen

Kepala Daerah Banyak Terkena OTT KPK, Pemkot Tangsel Antisipasi Korupsi Lewat Sistem Online

"KPK telah menemukan bukti permulaan yang cukup untuk meningkatkan status penanganan perkara ini ke penyidikan sejalan dengan penetapan para pihak sebagai tersangka‎," ucap Basaria, Selasa (30/11/2018) di KPK, Kuningan, Jakarta Selatan.

Halaman
1234
Penulis: erik sinaga
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved