Breaking News:

Lion Air JT610 Jatuh

Hari Kelima Operasi SAR Lion Air PK-LQP: 869 Orang Dikerahkan Cari Black Box dan Badan Pesawat

Operasi SAR Lion Air PK-LQP memasuki hari kelima. Tim SAR gabungan terus berupaya melakukan operasi SAR

Penulis: Gerald Leonardo Agustino | Editor: Erik Sinaga
TRIBUNJAKARTA.COM/ GERALD LEONARDO AGUSTINO
Posko Basarnas di Dermaga JICT II, Tanjung Priok, Jakarta Utara. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, TANJUNG PRIOK - Operasi SAR Lion Air PK-LQP memasuki hari kelima, Jumat (2/11/2018).

Di H+4 insiden jatuhnya pesawat dengan nomor penerbangan JT610 rute Jakarta-Pangkalpinang, tim SAR gabungan terus berupaya melakukan operasi SAR.

Fokus operasi SAR lebih mengerucut ke pencarian satu black box tersisa begitu pula badan utama pesawat yang diketahui masih berada di dasar laut.

Meski demikian, pencarian terhadap serpihan pesawat, barang milik korban, maupun bagian tubuh korban belum disetop dan akan terus dilanjutkan.

Di hari ke lima operasi SAR ini, personel SAR gabungan yang dikerahkan sebanyak 869 orang. Jumlah itu sudah termasuk 119 orang penyelam yang hari ini akan berjuang kembali menyisir kedalaman lautan untuk mencari black box dan badan utama pesawat.

Mereka tersebar di 45 kapal milik TNI AL, Polair, Basarnas, KPLP, dan instansi lainnya yang memiliki kemampuan di bidang SAR.

Deputi Bidang Bina Tenaga dan Potensi Pencarian dan Pertolongan Basarnas, Agus Sukarno mengatakan, pencarian hari ini juga akan lebih terfokus dengan mencari sinyal bunyi dari black box yang masih berada di dasar laut.

Tim SAR akan memanfaatkan ping locator untuk menangkap sinyal bunyi dari black box, dan titik di mana bunyi itu berada akan diselami tim penyelam.

"Update masih sama kok kayak kemarin, jadi belom ada perubahan yang signifikan. Kemarin kan ping locator udah bunyi, Sekarang area yang terdeteksi ada ping locatornya udah diselami," kata Agus di Dermaga JICT II, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Pilot Senior Singgung Masalah Teknis sebagai Penyebab Lion Air PK-LQP Jatuh, Begini Analisanya

Diguyur Hujan Deras, Sebagian Area Poskotis Pesawat Lion Air PK-LQP Tergenang Air

Alasan di Balik Hasil Rekaman Black Box Lion Air PK-LQP Tak Dipublikasikan, Simak Penjelasannya!

Adapun pada Kamis (1/11/2018) atau hari keempat operasi SAR, sebuah black box yang diduga adalah perekam data penerbangan atau flight data recorder (FDR) ditemukan.

Black box tersebut ditemukan setelah remotely operated vehicle (ROV) dimanfaatkan untuk mendeteksi keadaan bawah laut, terutama yang sudah dinyatakan berbunyi sinyal ping locator.

Lalu, penyelam dari TNI AL terjun ke dasar laut untuk mengambil black box tersebut dan diangkut ke kapal Baruna Jaya I milik BPPT.

Black box ditemukan sekitar pukul 10.00 WIB kemarin.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved