Lion Air JT610 Jatuh

Mengulik Kecanggihan KR Baruna Jaya Penangkap Sinyal Black Bok Lion Air

Kapal Riset (KR) Baruna Jaya berperan besar di balik temuan sinyal FDR (rekaman data penerbangan) pesawat Lion Air PK-LQP di Tanjung Karawang.

Mengulik Kecanggihan KR Baruna Jaya Penangkap Sinyal Black Bok Lion Air
TribunJakarta.com/Gerald Leonardo Agustino
KM Baruna Jaya 1 milik BPPT yang dikerahkan untuk Survey Bakti Teknologi dan Bakti Sosial BPPT, dimulai Rabu (3/10/2018) ini hingga 10 hari ke depan. 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Kapal Riset (KR) Baruna Jaya berperan besar di balik temuan sinyal FDR (rekaman data penerbangan) pesawat Lion Air PK-LQP di Tanjung Karawang

Dari penemuan sinyal tersebut, Rabu (31/10/2018), Basarnas, TNI dan Polri yang mencari dan berhasil menemukan FDR sebagai bagian penting black box Lion Air JT 610 yang jatuh di Tanjung Karawang, Jawa Barat, Senin (29/10/2018).

FDR berisi data yang bisa mengungkap penyebab jatuhnya Lion Air JT 610.

Kepala Balai BPPT M Ilyas mengatakan, KR Baruna Jaya awalnya merupakan sebuah kapal untuk penelitian dan riset bawah laut.

Namun, dengan kecanggihan peralatan yang dimiliki membuat kapal tersebut mampu membantu melakukan SAR (Search and Rescue), salah satunya pencarian black box Lion Air.

KR Baruna Jaya dilengkapi ping locator dan transponder, alat yang bisa menerima sinyal dari kotak hitam atau black box.

"Kami punya transponder yang kami lepas. Gunanya mencari sinyal black box," ujar Ilyas saat perjalanan menggunakan Kapal Baruna Jaya menuju Tanjung Karawang, Jawa Barat, Jumat (2/11/2018).

KR Baruna Jaya juga memiliki peralatan bernama Remotely Operated Vehicle (ROV), alat bawah air yang bisa dikendalikan dengan remote control.

Alat ini dikendalikan guna melihat benda-benda bawah laut yang tidak terjangkau oleh para penyelam.

Kiprah KR Baruna Jaya Ilyas mengatakan, KR Baruna Jaya sudah beberapa kali diturunkan guna melakukan SAR.

Halaman
123
Editor: Y Gustaman
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved