Breaking News:

Putra Amien Rais Jadi Calon Kuat Duduki Wakil Ketua DPR Gantikan Taufik Kurniawan, Berikut Profilnya

"Kalau dalam obrolan-obrolan memang muncul dua nama, yaitu Ketua Fraksi PAN DPR RI Mulfachri Harahap dan Wakil Ketua Komisi I Hanafi Rais," ujarnya.

Tribunnews.com/Adiatmaputra Fajar Pratama
Hanafi Rais 

TRIBUNJAKARTA.COM, BANTARJATI - Wakil Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Dradjad Wibowo menuturkan internal partai belum membahas resmi pengganti Taufik Kurniawan sebagai Wakil Ketua DPR RI.

Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Taufik sebagai tersangka dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Hari ini, Jumat (2/10/2018), penyidik KPK resmi menahan Taufik Kurniawan yang juga Wakil Ketua Umum PAN itu dalam waktu 20 hari ke depan. 

Dalam obrolan tak resmi di antara elite partai, Dradjad mengakui ada dua nama muncul sebagai pengganti Taufik Kurniawan.

Keduanya adalah Wakil Ketua Komisi I Hanafi Rais dan Ketua Fraksi PAN DPR Mulfachri Harahap.

"Saat ini belum ada pembahasan resmi di PAN tentang posisi Mas Taufik di DPR. Kalau dalam obrolan-obrolan memang muncul dua nama, yaitu Ketua Fraksi PAN DPR RI Mulfachri Harahap dan Wakil Ketua Komisi I Hanafi Rais," ujar Dradjad kepada Kompas.com, Jumat (2/11/2018).

Hanafi Rais adalah putra tertua pendiri PAN Amien Rais.

Di sisi lain, lanjut Dradjad, muncul pula pandangan Taufik Kurniawan masih dapat menjabat sebagai Wakil Ketua DPR hingga kasusnya berkekuatan hukum tetap.

Selain itu, faktor efektivitas juga menjadi pertimbangan di internal pimpinan PAN.

"Sisa masa bakti yang kurang dari satu tahun dan terpotong kampanye hingga April, juga menjadi pertimbangan," kata Dradjad.

Halaman
1234
Penulis: Wahyu Aji Tribun Jakarta
Editor: Y Gustaman
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved