Sudah 207 Warga Jakarta Timur Mendaftar Sejak Tawaran Rumah DP 0 Rupiah Dibuka

Sebanyak 207 pemohon telah mendaftarkan diri di loket pendaftaran hunian DP 0 rupiah di Kantor Wali Kota Jakarta Timur.

Sudah 207 Warga Jakarta Timur Mendaftar Sejak Tawaran Rumah DP 0 Rupiah Dibuka
TribunJakarta.com/Nawir Arsyad Akbar
Desain rumah DP 0 rupiah Klapa Village yang dibangun di kawasan Duren Sawit, Jakarta Timur, Senin (22/10/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, CAKUNG - Sebanyak 207 pemohon telah mendaftarkan diri di loket pendaftaran hunian DP 0 rupiah di Kantor Wali Kota Jakarta Timur.

"Dari hari pertama hingga kemarin sudah ada 207 pendaftar, itu yang sudah menyerahkan dokumen lengkap. Sebagian lagi datang tapi belum membawa persyaratan lengkap," ucap Kasudin Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman DKI Jakarta Suharyanti, Selasa (6/11/2018).

"Ada beberapa juga yang datang hanya tanya-tanya, tapi tetap kami layani," tambah dia.

Ia mengatakan jumlah warga yang mendaftar hunian DP 0 rupiah di Klapa Village cenderung menurun dibanding hari pertama pembukaan loket.

"Antusiasme warga cukup besar, tapi memang lebih banyak di hari pertama, bisa sampai ratusan," dia menjelaskan. 

Menurut rencana, program unggulan Gubernur Anies Baswedan semasa kampanye dulu ini akan membuka pendaftaran hingga 20 November 2018.

Syarat untuk mendapatnya unit rusunami di Klapa Village dengan DP 0 rupiah ini ialah minimal tinggal lima tahun di Jakarta dan sudah ber-KTP DKI, belum memiliki rumah yang dibuktikan dengan pembayaran pajak rumah.

Pada tahap pertama pembangunan hunian DP 0 rupiah ini, Pemprov DKI Jakarta menyediakan 780 unit rusunami di Klapa Village, Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur.

Ada dua tipe yang disediakan, yaitu tipe 21 dan tipe 36. Cicilan per bulan yang harus dibayar oleh masyarakat pun cukup terjangkau, yaitu sebesar Rp 2,1 juta sampai Rp 2,6 juta per bulan.

"Harganya berkisar antara Rp 200 juta hingga Rp 300 juta, masyarakat juga bisa milih mau mencicil 15 sampai 20 tahun," ucap dia.

Penulis: Dionisius Arya Bima Suci
Editor: Y Gustaman
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved