Lion Air JT610 Jatuh

Usai Bersentuhan dengan Kantong Jenazah, Pakaian Sejumlah Petugas Disemprot Disinfektan

usai melakukan identifikasi awal sejumlah petugas tersebut mengantre untuk disemprot disinfektan pakaiannya.

Usai Bersentuhan dengan Kantong Jenazah, Pakaian Sejumlah Petugas Disemprot Disinfektan
TRIBUNJAKARTA.COM/DWI PUTRA KESUMA
Penyemprotan cairan disinfektan pada sejumlah tim sar gabungan di JICT II, Selasa (6/11/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dwi Putra Kesuma

TRIBUNJAKARTA.COM, TANJUNG PRIOK - Sejumlah petugas tim sar gabungan, terlihat berjibaku mengidentifikasi beberapa kantong jenazah berisi korban pesawat Lion Air PK-LQP yang baru tiba di Jakarta International Container Terminal (JICT) II.

Terlihat, sejumlah petugas tersebut membuka kantong jenazah tersebut secara satu persatu, untuk dilakukan identifikasi awal.

Usai diidentifikasi, kantong jenazah tersebut pun dipindahkan ke dalam kantong jenazah yang masih baru, dan dijejerkan diatas terpal berwarna putih.

Pantauan TribunJakarta.com, usai melakukan identifikasi awal sejumlah petugas tersebut mengantre untuk disemprot disinfektan pakaiannya.

Satu persatu, sejumlah petugas pun berbaris dan disemprot cairan disinfektan dari bawah hingga bagian atas pakaiannya.

Noviandra (25) relawan tim sar gabungan yang bertugas menyemprotkan cairan disinfektan tersebut menuturkan, penyemprotan tersebut dilakukan guna menghilangkan bakteri yang menempel pada pakaian petugas.

"Penyemprotan ini guna menghilangkan bakteri yang kemungkinan menempel dipakaian petugas, usai bersentuhan dengan kantong jenazah atau pun serpihan pesawat," kata Noviandra di JICT II Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (6/11/2018).

Noviandra menuturkan, penyemprotan tersebut sudah sesuai prosedur yang diterapkan.

Jika ada petugas yang sedang mengalami luka dan dipermukaan kulitnya dan tidak disemprot disinfektan, dikhawatirkan akan terkena bakteri dan bisa berujung fatal.

Oleh sebab itu, sejumlah tim sar gabungan yang melakukan kontak langsung dengan kantong jenazah atau pun serpihan pesawat Lion Air PK-LQP, harus disemprot dengan cairan disinfektan.

Yusril Jadi Pengacara Jokowi-Maruf: Diminta Mundur Bela HTI Hingga Tanggapan Wakil Presiden JK

Polemik Tampang Boyolali, Hasto Sebut Prabowo Terlalu Lama di Luar Negeri hingga Blunder Politik

Terakhir, Noviandra menuturkan penyemprotan cairan disinfektan tak hanya dilakukan pada petugas, melainkan juga dilakukan pada sejumlah kapal.

"Bukan hanya petugas yang disemprot, tapi kapal yang mengangkut kantong jenazah dan serpihan pesawat juga disemprot agar tetap steril dari bakteri," kata Noviandra.

Penulis: Dwi putra kesuma
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved