Lion Air JT610 Jatuh

Tim DVI Pastikan Proses Identifikasi Terus Berjalan Meski Evakuasi Penumpang Lion Air Dihentikan

Triawan mengatakan, pihak keluarga tak perlu khawatir lantaran dalam proses identifikasi ada banyak metode yang bisa digunakan.

Tim DVI Pastikan Proses Identifikasi Terus Berjalan Meski Evakuasi Penumpang Lion Air Dihentikan
TribunJakarta/Dionisius Arya Bima Suci
Tim Disaster Victim Identification (DVI) RS Polri Kramat Jati 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, KRAMAT JATI - Meski evakuasi penumpang Lion Air dengan nomor registrasi PK-LQP dihentikan, Vice Commander Disaster Victim Identification (DVI) Kombes Pol Triawan Marsudi menegaskan akan terus melaksanakan proses identifikasi terhadap jenazah yang telah tiba di RS Polri Kramat Jati.

Ia mengatakan, identifikasi berbeda dengan proses evakuasi di lokasi kejadian. Pihaknya akan berusaha semaksimal mungkin mengidentifikasikan penumpang pesawaat nahas itu dengan mencocokan data-data postmortem dan antemortem.

"Pada prinsipnya proses akan terus berjalan, jadi kantong jenazah yang masuk akan terus kami running, initinya apa yang diambil teman-teman dari TKP akan kami olah sampai selesai," ucapnya kepada awak media, Selasa (6/11/2018).

Meski semakin hari kondisi jenazah semakin memburuk. Namun, Triawan mengatakan, pihak keluarga tak perlu khawatir lantaran dalam proses identifikasi ada banyak metode yang bisa digunakan.

Wali Kota Jakarta Selatan: Kalau Kita Siap, Hujan Akan Jadi Rezeki

Wali Kota Jakarta Timur Dijadwalkan Hadiri Peletakan Batu Pertama Ikea Cakung

"Proses identifikasi kami punya banyak metode, misalnya melalui sidik jari dan gigi gerigi, atau kalau kondisi jenazah tak utuh bisa kami lakukan dengan tes DNA," ujarnya.

Saat ini, tes DNA menjadi metode terbaik untuk mengidentifikasi para penumpang lantaran kondisi jenazah yang ditemukan sudah semakin memburuk.

Untuk itu, ia meminta kepada pihak keluarga untuk bersabar dan tidak perlu khawatir karena proses pengujian sampel DNA membutuhkan waktu yang lebih lama.

"Saya sampaikan ke keluarga jangan pernah khawatir, proses identifikasi terus kami lakukan sampai tidak ada lagi yang diperiksa," kata Triawan.

Penulis: Dionisius Arya Bima Suci
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved