Fery Farhati Ajak Anak Muda untuk Mengenal dan Melestarikan Wastra Nusantara

Menurut Fery, banyak ragam dari wastra nusantara yang selama ini belum diketahui oleh khalayak umum terlebih lahi anak-anak muda.

Fery Farhati Ajak Anak Muda untuk Mengenal dan Melestarikan Wastra Nusantara
TRIBUNJAKARTA.COM/NOVIAN ARDIANSYAH
Fery Farhati Ganis, istri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengajak kaum muda untuk bisa mencintai karya-karya bangsa berupa kain tradisional atau wastra nusantara. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Novian Ardiansyah

TRIBUNJAKARTA.COM, PALMERAH - Fery Farhati Ganis, istri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengajak kaum muda untuk bisa mencintai karya-karya bangsa berupa kain tradisional atau wastra nusantara.

Menurut Fery, banyak ragam dari wastra nusantara yang selama ini belum diketahui oleh khalayak umum terlebih lahi anak-anak muda.

Ia sendiri saat menyampaikan hal tersebut sedang berkunjung ke Museum Tekstil dalam rangka menghadiri pembukaan Pameran Wastra Nirbatik Nirtenun (Membuat dan Menghias Wastra Tanpa Alat Tenun).

"Jadi hadir ke museum ini untuk melihat Pameran Wastra Nirtenun dan Nirbatik akan menambah wawasan kita dan rasa cinta kita akan bangsa kita. Ternyata banyak sekali karya yang bisa kita banggakan," tutur Fery di Museum Tekstil, Jakarta Barat, Kamis (8/11/2018).

"Kalau kita anak-anak muda bisa lihat, tumbuh kepedulian, Insya Allah ini bisa terjaga tidak punah," sambung Fery.

Buat Presiden Bingung, Borong 100 Unit dan Sederet Fakta Gesits, Motor Listrik yang Dijajal Jokowi

Sederet Foto Maria Ozawa Pakai Gaun Pesta Hingga Diamankan Pihak Imigrasi di Bali

Ia mengatakan, jika semua karya wastra yang ada dalam pameran tersebut memiliki kesannya masing-masing yang bisa menambah pengetahuan.

Maka dari itu, ia pun mengajak anak-anak muda agar tidak segan untuk berkunjung ke Museum Tekstil terkait adanya pameran wastra nusantara.

"Kita bantu siarkan bahwa hari ini ada pameran yang manerik sekali. Saya mengajak semua abak muda melihat di sini," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Unit Pengelola Museum Seni, Esti Utami mengatakan ada sekitar 85 wastra dari berbagai wilayah di Indonesia yang turut diikutsertakan dalam pameran.

"Kita berharap akan banyak orang yang datang ke sini, kemudian mulai mengenal kekayaan kita, mencinta juga. Kalau mencintai mungkin akan mulai menghargai gitu, kemudian bersama-sama kita bisa nanti melestarikan, bisa nanti mengembangkan," kata Hesti.

Adapun Pameran Wastra Nirbatik Nirtenun (Membuat dan Menghias Wastra Tanpa Alat Tenun) diselenggarakan mulai tanggal 8 - 18 November 2018 di Museum Tekstil, Jakarta Barat.

Dalam pameran tersebut nantinya juga akan diisi oleh beragam kegiatan seperti, diskusi mengenai wastra kulit kayu Indonesia, workshop menyulam bagi masyarajat, workshop jumputan bagi mahasiswa, serta workshop merajut.

Penulis: Novian Ardiansyah
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved