Antisipasi Banjir, Dinas SDA Kebut Pengerukan Sungai Ciliwung

Antisipasi banjir yang acap kali terjadi saat musim hujan tiba, Dinas Sumber Daya Air (SDA) mengebut pekerjaan pengerukan Sungai Ciliwung.

Antisipasi Banjir, Dinas SDA Kebut Pengerukan Sungai Ciliwung
TribunJakarta.com/Dionisius Arya Bima Suci
Sejumlah alat berat terlihat tengah mengerjakan pengerukan Sungai Ciliwung, Jumat (9/11/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, KRAMAT JATI - Guna mengantisipasi banjir yang acap kali terjadi saat musim hujan tiba, Dinas Sumber Daya Air (SDA) mengebut pekerjaan pengerukan Sungai Ciliwung.

Pantauan TribunJakarta.com di lokasi, sebanyak empat unit alat berat dikerahkan untuk melakukan pengerukan di Sungai Ciliwung, mulai dari jembatan Kampung Melayu hingga Tongtek, Jatinegara.

Menurut Kepala Bidang SDA Aliran Timur Nelson, mengatakan pengerjaan oengerukan Sungai Ciliwung ini telah berlangsung selama sepekan.

"Kami sudah lakukan pengerukan, udah satu minggu pengerukan berlangsung dengan menggunakan alat berat," ucapnya saat dihubungi awak media, Jumat (9/11/2018).

Sosok Claudio Martinez di Mata Tetangga

RS Polri Identifikasi 6 Penumpang Lion Air PL-LQP, Satu di Antaranya Bayi

Ia menjelaskan, proses pengerukan dilakukan lantaran kondisi sungai saat ini telah dipenuhi endapan lumpur sehingga menghambat aliran air.

Dari upaya pengerukan tersebut, diharapkan Sungai Ciliwung dapat menampung debit air lebih banyak saat mendapatkan banjir kiriman.

"Kalau kita lihat disini (Sungai Ciliwung) memang banyak sedimen lumpur yang menghambat aliran air, jadi setidaknya pengerukan dapat menambah daya tampung air ketika debit air naik," ujarnya.

Tak hanya aliran Ciliwung, Dinas SDA juga terus memonitoring sejumlah aliran yang melewati pemukiman warga.

Pengerahan pasukan dan pengerukan juga dilakukan di sejumlah temoat tersebut untuk meminimalisir gendangan saat hujan tiba.

Penulis: Dionisius Arya Bima Suci
Editor: Mohamad Afkar Sarvika
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved