Info Kesehatan

Deretan Jenis Gangguan Tidur, Dialami Orang Dewasa Bahkan Anak-anak

Deretan Jenis Gangguan Tidur, Dialami Orang Dewasa Bahkan Anak-anak. Simak penjelasannya!

Deretan Jenis Gangguan Tidur, Dialami Orang Dewasa Bahkan Anak-anak
Grafis Tribun Jakarta
Gangguan Tidur Serius 

TRIBUNJAKARTA.COM - Ada ratusan gangguan tidur yang bisa menyerang semua golongan usia, dan hampir semua (95 persen) gangguan tidur tidak terdiagnosis.

Gangguan tidur sendiri merupakan suatu pola tidur yang mengganggu.

Yang termasuk dalam gangguan tidur antara lain sulit tidur, sulit mempertahankan tidur, tidur pada saat yang tidak tepat, waktu tidur yang berlebihan, atau perilaku abnormal yang berkaitan dengan tidur.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), kurang tidur telah dikaitkan dengan masalah kesehatan yang serius termasuk hipertensi, depresi, obesitas dan diabetes.

CDC menganalisis data dari survei kesehatan telepon nasional dan menemukan bahwa hampir 40% responden melaporkan secara tidak sengaja tertidur pada siang hari.

Diperkirakan 50 hingga 70 juta orang dewasa di Amerika memiliki gangguan tidur menurut CDC.

Gangguan tidur dapat dikelompokkan menjadi 4 kelompok, yaitu :

- Sulit Tidur (Insomnia)

Insomnia adalah keadaan sulit tidur, sulit mempertahankan tidur, sering terbangun ketika tidur, bangun tidur terlalu dini.

"Bisa bersifat sementara, jangka pendek (2-3 minggu), atau kronis. Faktor yang erat kaitannya dengan insomnia adalah penyakit, depresi, kecemasan (anxietas), stres, lingkungan yang menyulitkan tidur, kafein, alkohol, perokok berat, tidur siang, kebiasaan tidur terlalu dini atau menghabiskan waktu di tempat tidur ketika tidak ingin tidur."

Halaman
123
Editor: Kurniawati Hasjanah
Sumber: Nakita
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved