Desak Pemprov DKI Serius Atasi Bau Kali Item, Ketua Fraksi PDIP Jakarta: Pengerukan Harus Dilakukan

"(Jaring dan nano bubble) tidak permanen, kalau mau permanen ya satu satunya jalan ya pengerukan," ujar Ketua Fraksi PDI Perjuangan Gembong Warsono.

Desak Pemprov DKI Serius Atasi Bau Kali Item, Ketua Fraksi PDIP Jakarta: Pengerukan Harus Dilakukan
TRIBUNJAKARTA.COM/PEBBY ADE LIANA
Ketua Fraksi PDIP DKI Jakarta Gembong Warsono. 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - DPRD Provinsi DKI Jakarta meminta Pemprov DKI Jakarta lebih serius untuk menangani bau menyengat di Kali Sentiong atau Kali Item di kawasan Kemayoran Jakarta Pusat.

Sebab, meski Pemprov DKI Jakarta telah melakukan berbagai upaya untuk mencegah bau menyengat muncul saat Asian Games 2018 kemarin, namun diketahui bau tersebut kini kembali muncul.

"(Jaring dan nano bubble) tidak permanen, kalau mau permanen ya satu satunya jalan ya pengerukan," ujar Ketua Fraksi PDI Perjuangan DKI Jakarta Gembong Warsono, Senin (12/11/2018).

Gembong menilai, salah satunya jalan untuk mengurangi bau menyengat itu adalah dengan dilakukannya pengerukan limbah di dasar kali.

Sebab, menurut Gembong limbah tersebut sudah mengendap selama bertahun-tahun dan tidak bisa hilang begitu saja, karena itu perlu dilakukan pengerukan.

"Yang harus dilakukan Pemprov adalah melakukan pengerukan, nggak bisa hanya sekedar cara lain. Karena kan endapannya sudah begitu menahun. Maka perlu ada pengerukan. Itu namanya penyelesaian secara tuntas, kalau tidak nggak akan selesai," kata Gembong.

Basarnas Sudahi Operasi Pencarian Korban, KNKT Kerahkan Alat Canggih Cari Black Box Lion Air

Hadapi Musim Hujan dan Ancaman Banjir, Ini Sederet Langkah yang Dilakukan Gubernur Anies Baswedan

Diketahui, sebelumnya pemprov DKI Jakarta telah memasang waring khusus di atas kali agar bau menyengat tak menguap keluar saat Asian Games 2018 digelar.

Selain itu, dengan dipasangkan alat nano bubble dan menyemprotkan cairan khusus, bau tersebut setidaknya sempat teratasi.

"Engga, itu hanya menghilangkan baunya. Itu hanya penyelesaian saat penyelenggaraan Asian Games, tapi yang kita butuhkan kan bukan itu. Kita butuh penyelesaian yang bersifat menyeluruh," ungkapnya.

Penulis: Pebby Ade Liana
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved