Ini Lokasi Maraknya Sampah Kiriman yang Ada di Wilayah Jakarta Utara

Lambas mengatakan selain Kali Cagak, sebenarnya kali Cakung Drainase yang mengalir di Jakarta Utara juga menjadi titik sampah kiriman dari Bekasi.

Ini Lokasi Maraknya Sampah Kiriman yang Ada di Wilayah Jakarta Utara
TRIBUNJAKARTA.COM/LEO PERMANA
Sejumlah petugas yang membantu mendorong sampah yang berada di sungai ke arah excavator untuk di angkut ke truk sampah, PA Manggarai, Senin (12/11/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, PENJARINGAN - Kasatpel UPK Badan Air Wilayah Jakarta Utara, Lambas Sigalingging menjelaskan bahwa titik sampah kiriman di wilayah Jakarta Utara hanya terdapat di aliran Banjir Kanal Barat, tepatnya di Kali Cagak, Penjaringan, Jakarta Utara.

"Ada. Itu yang di Penjaringan, Banjir Kanal Barat. Jadi sekatan kita ada di Kali Cagak. Tapi itu dalam aliran Banjir Kanal Barat. Karena itu berkaitan dengan Bogor," kata Lambas saat dihubungi TribunJakarta.com, Senin (12/11/2018).

Lambas mengatakan selain Kali Cagak, sebenarnya kali Cakung Drainase yang mengalir di Jakarta Utara juga menjadi titik sampah kiriman dari Bekasi.

Kendati demikian, kata Lambas, sampah yang mengalir ke arah Cakung Drainase sudah terlebih dahulu tertahan di sekatan-sekatan kali di wilayah Jakarta Timur.

Selain dua titik tersebut, sampah yang ada di kali-kali wilayah Jakarta Utara merupakan sampah lokal.

Artinya, sampah tersebut bukan kiriman dari wilayah kota satelit di luar Jakarta.

"Ada, tapi hanya sampah lokal. Ada juga sebenarnya itu kali Cakung Drainase itu kan dari Bekasi. Tapi karena di Utara itu kan hanya hulunya, jadi aliran sungai itu sudah melewati Jakarta Timur, jadi di Jakarta Timur kan sudah pasang sekatan. Sampahnya itu sudah terlebih dulu menumpuk di wilayah lain," kata Lambas.

45 Mobil Truk Dikerahkan Untuk Angkut Tumpukan Sampah di Pintu Air Manggarai

Dana Hibah DKI Belum Cukup untuk Merampungkan Dua Proyek Flyover Akses Bantargebang

Akan hal itu, Lambas mengungkapkan bahwa wilayah Jakarta Utara sebenarnya menjadi muara dari semua aliran sungai di Jakarta.

Sampah dari kali-kali di wilayah Jakarta lainnya pun akan mengalir sampai ke Jakarta Utara.

Oleh sebabnya, Lambas menilai apabila sampah tertangani dengan baik di wilayah Jakarta lainnya, wilayah Jakarta Utara akan aman dari tumpukan sampah di sungai.

"Saya selalu bilang begini, kalau teman-teman di wilayah Jakarta Barat, Timur sudah menangani sampahnya dengan baik, Utara tenang. Tapi kalo tidak, Utara jungkir balik, kan muaranya," ucap dia.

Penulis: Gerald Leonardo Agustino
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved