Kolaborasi Polisi dan Grab, Rumuskan Sistem Baru 'Panic Button' Penangkal Kejahatan di Mobil

Sejumlah sistem baru tersebut hanya akan berlaku pada Grab Car dan masih dalam masa perumusan antara Polres Kota Tangerang bersama Grab Indonesia.

Kolaborasi Polisi dan Grab, Rumuskan Sistem Baru 'Panic Button' Penangkal Kejahatan di Mobil
TribunJakarta/Ega Alfreda
Kapolres Kota Tangerang Kota, Kombes Pol Alif (kiri) bersama Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Grab Indonesia Tri Sukma Anreianno (kanan) sambil menunjukan kamera pengintai yang nantinya akan dipasang disetiap Grab Car, Senin (12/11/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TIGARAKSA - Pascatragedi berdarah tewasnya sopir ojek taksi online di Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, Polres Kota Tangerang dan Grab Indonesia menerapkan sistem baru.

Sejumlah sistem baru tersebut hanya akan berlaku pada Grab Car dan masih dalam masa perumusan antara Polres Kota Tangerang bersama Grab Indonesia.

Kapolres Kota Tangerang, Kombes Pol Sabilul Alif menerangkan, sistem keamanan yang dirumuskan diantaranya adalah memasang pembatas antara kursi penumpang dengan pengemudi.

"Sehingga interaksi penumpang dan sopir tidak bisa langsung atau terhalang dan tidak mudah melakukan tindakan kekerasan baik yang dilakukan penumpang oleh sopir atau sebaliknya," terang Sabilul di Mapolres Kota Tangerang, Senin (12/11/2018).

Kedua, jajarannya bersama Grab Indonesia akan menaruh 'panic button' untuk sopir Grab untuk memberikan peringatan.

Nantinya, lanjut Sabilul, panic button tersebut akan tersambung kepada satuan kepolisian terdekat, Grab, dan komunitas ojek online disekitar.

"Untuk pengemudi bila terjadi sesuatu akan terhubung ke perusahaan online itu, terhubung ke kepolisian terdekat dan terhubung ke rekan-rekan yang terdekat," jelas Sabilul.

Selain itu, Kapolres juga mengusulkan dipasangnya kamera pengawas di dalam kendaraan.

Hal itu, kata dia, untuk memantau dan merekam agar segala aktivitas di dalam kendaraan dan dapat membantu kerja polisi.

Halaman
12
Penulis: Ega Alfreda
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved