Kabar Artis

Jadi Motto Hidup Stan Lee, Begini Arti Kata Excelsior

Para penggemar, teman dan kerabat dekatnya mengungkapkan ucapan bela sungkawa lewat akun media sosial disertai dengan satu kata:"Excelsior".

Jadi Motto Hidup Stan Lee, Begini Arti Kata Excelsior
Instagram/therealstanlee
Excelsior! 

TRIBUNJAKARTA.COM - Stan Lee, penulis legendaris Marvel serta kreator superhero-superhero Marvel yang tak terhitung jumlahnya, telah meninggal di usia 95 tahun.

Para penggemar, teman dan kerabat dekatnya mengungkapkan ucapan bela sungkawa lewat akun media sosial disertai dengan satu kata:"Excelsior".

Kata "Excelsior" sendiri memang telah lama menjadi slogan Stan Lee. Pada pertengahan 1960-an, tak lama setelah Atlas Comics berganti nama menjadi Marvel, Lee menulis kolom bulanan untuk penerbit komik tersebut di mana dia menutupnya dengan kata "Excelsior!".

Excelsior sendiri diambil dari bahasa Latin yang bisa diartikan menjadi "terus naik" atau "lebih tinggi".

Stan Lee juga pernah mengatakan sendiri apa maksud dari ungkapan tersebut. Ia mengartikannya dengan "Naik dan terus naik menuju kemuliaan yang lebih besar!"

Stan Lee Meninggal, Penyelamat Marvel dari Kebangkrutan hingga Kekayaan Bersih Capai Rp 700 Milyar

Di tahun 2007, Stan Lee pernah mengatakan bahwa dirinya menginginkan sebuah kata unik untuk dirinya agar nggak ditiru oleh para saingannya.

"Dulu aku memiliki banyak ungkapan ekspresi untuk mengakhiri kolom komik buatanku, seperti: "Hang Loose", "Face Front", '"Nuff Said", tapi aku menemukan bahwa para pesaingku selalu meniru mereka dan menggunakannya," kata Stan Lee saat kepada io9 di tahun 2007.

"Jadi, aku mencari satu ungkapan yang mereka tak akan tahu apa artinya, dan mereka tak akan tahu bagaimana cara mengejanya. Dari situlah excelsior muncul dan untungnya mereka tak pernah menirukannya."

Namun, apa yang awalnya ia buat sebagai pembeda dari para pesaingnya, dengan cepat menjadi sebuah mantra optimisme yang mengubah hidup dan karirnya selama puluhan tahun kedepan.

Stan Lee, sosok tunggal dalam hiburan Amerika yang telah menciptakan banyak superhero dalam dunia Marvel yang kita kenal sekarang, telah menunjukkan arti "Excelsior!" selama hidupnya.

Jelang Tes SKB, Ini Perbedaan Tunjangan Formasi CPNS 2018 Jabatan Fungsional Tertentu dan Pelaksana

Dia dikenal dengan imajinasinya yang tak terbatas, semangat seorang perintis, dan etos kerja yang heroik, bahkan diusianya yang hampir satu abad.

Untuk Stan Lee, excelsior bukan cuma sekedar istilah untuk mengingatnya, tapi juga penggambarannya sifatnya yang selalu berkarya, berjuang, dan "terus naik". (HAI)

Editor: Kurniawati Hasjanah
Sumber: Hai
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved