Pileg 2019

Demokrat Pede Jual Figur SBY, Ketimbang Cari Gantungan Politik dari Prabowo-Sandiaga

Partai Demokrat cenderung lebih menjual keberhasilan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono untuk meraih banyak kursi di Pemilu Legislatif 2019.

Editor: Y Gustaman
TRIBUNNEWS.COM/ABRAHAM DAVID
Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat Pembekalan Caleg DPR RI Periode 2019-2024 di Ballroom Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Minggu (11/11/2018). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Srihandriatmo Malau

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Partai Demokrat cenderung lebih menjual keberhasilan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono untuk meraih banyak kursi di Pemilu Legislatif 2019.

Peneliti LIPI Indria Samego menilai, partai berlambang segitiga mercy itu memang mendukung pasangan calon presiden dan calon wakil presiden 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno, tapi tak dijadikan sebagai gantungan politik.

Pasangan Prabowo dan Sandiaga diusung diusung Gerindra,  PKS, PAN, dan Demokrat untuk Pilpres 2019. 

"Partai Demokrat masih cukup percaya diri bahwa dia enggak perlu cari gantungan politik (coat-tail effect, red). Dengan SBY di belakangnya, Partai Demokrat enggak perlu ikut-ikutan partai lain," ujar Indria Samego kepada Tribunnews.com, Selasa (13/11/2018).

Menurut dia, sikap Partai Demokrat demikian karena merasa masih punya daya tarik dengan sosok SBY yang pernah memerintah dua periode sebagai Presiden RI.

Langkah positif strategi Partai Demokrat yang berjuang untuk lolos ambang batas parlemen sebesar empat persen.

"Kalau belain partai lain, apa untungnya buat Partai Demokrat dan SBY?" tegas dia.

"Saya kira SBY tahu bahwa Partai Demokrat akan beri keuntungan pada partai lain," jelasnya.

Komandan Satuan Tugas Bersama Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono menegaskan, para caleg Partai Demokrat akan menjelaskan apa saja pencapaian pemerintahan Mantan Presiden RI SBY saat berkampanye.

"Kita juga menjelaskan apa saja capaian segala yang telah diperjuangkan oleh Demokrat 10 tahun dari 2004-2014 ketika Presiden SBY menjadi pemimpin negeri ini," ujar AHY.

Selain itu, para caleg juga diminta untuk memprioritaskan serta memperjuangkan aspirasi rakyat. Namun, ia juga mengimbau calegnya agar tidak banyak mengumbar janji.

"Kita berpesan tentunya kepada para caleg agar benar-benar mendengarkan suara rakyat, bisa menjelaskan dan memberikan solusi yang ditawarkan oleh Partai Demokrat," terangnya.

Partai Demokrat, kata Agus, memiliki 14 prioritas yang merupakan isu-isu yang menjadi perhatian masyarakat.

AHY menuturkan, di antaranya adalah memberi perhatian kepada nasib petani serta mengembangkan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). 

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved