Video Perbesar Daya Tampung Air, Sudin SDA Jakbar Keruk Endapan di Anak Kali Pesanggrahan

Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Kota Jakarta Barat melakukan pengerukan endapan lumpur di anak Kali Pesanggrahan, RW 05, Kedoya Selatan

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Novian Ardiansyah

TRIBUNJAKARTA.COM, KEBON JERUK - Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Kota Jakarta Barat melakukan pengerukan endapan lumpur di anak Kali Pesanggrahan, RW 05, Kedoya Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Kepala Sudin SDA Kota Jakarta Barat Imron mengatakan, pengerukan itu bertujuan untuk memberikan daya tampung yang lebih besar terhadap air di anak Kali Pesanggrahan saat musim hujan.

Pantauan TribunJakarta.com, satu alat berat dikerahkan untuk melakukan pengerukan sedalam dua meter.

"Saat ini mencoba untuk melakukan pengerukan sedalam dua meter. Kita akan melihat kondisi ke depannya dengan kedalaman dua meter, apakah memang cukup untuk mengalirkan tampungan air yang datang dari hulu. Kalau kurang nanti kita akan perdalam lagi," tutue Imron di lokasi, Rabu (14/11/2018).

Imron mengatakan, hasil endapan lumpur yang dikeruk akan ditampung di pinggiran anak Kali Pesanggrahan.

Nantinya, lanjut Imron, endapan tersebut digunakan untuk memperkuat turap yang ada.

"Memang kondisinya saat ini hasil daripada lumpur lumpurnya ini sementara tidak kita buang tapi kita taruh di pinggirnya untuk memperkuat turap yang ada," ujar Imron.

Ia pun berharap, pengerukan tersebut dapat mencegah terjadinya genangan maupun banjir di sekitar anak Kali Pesanggrahan.

Perbesar Daya Tampung Air, Sudin SDA Jakbar Keruk Endapan di Anak Kali Pesanggrahan

Sempat Hilang Tenggelam di Kali Pesanggrahan, Remaja 15 Tahun Ditemukan Tewas

Kebakaran Hanguskan Puluhan Rumah di Kedoya Utara

"Harapan kita itu nanti tidak adanya genangan atau banjir di kawasan sini. Itu lah yang diharapkan oleh masyarakat kepada kami untuk dilakukan pengerukan," ucap Imron.

Sementara itu, Novi (28) warga setempat menilai baik adanya pengerukan yang dilakukan.

Ia berujar, pengerukan tersebut setidaknya dapat berdampak untuk meminimalisir meluapnya air anak Kali Pesanggrahan ke rumah-rumah warga.

"Alhamdulillah baik ada pengerukan ini antisipasi juga. Sekarang sudah berkurang memang untuk banjir. Kalau dulu tahun-tahun lalu memang masih banjir, repot kalau banjir lagi sudah punya anak kecil sekarang mah," kata Novi.

Penulis: Novian Ardiansyah
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved