Breaking News:

Inggris vs Amerika Serikat: Tribute untuk Rooney  

Wayne Rooney adalah salah satu pemain paling berbakat yang pernah lahir di Inggris. Ia tercatat sebagai pemain termuda yang bermain di timnas Inggris

Daily Mail
Wayne Rooney akan melakoni laga terakhirnya bersama timnas Inggris dengan menghadapi Amerika Serikat di Stadion Wembley pada Jumat (16/11/2018) dini hari. 

TRIBUNJAKARTA.COM - Tingginya hanya 175 sentimeter. Bukan ukuran ideal bagi pesepak bola profesional, apalagi sebagai penyerang. Namun, itu bukan soal. Wayne Rooney menjawabnya dengan segudang kemampuan.

Di Inggris, Rooney adalah salah satu pemain paling berbakat yang pernah lahir di Negeri Ratu Elizabeth itu. Legenda Manchester United itu bahkan tercatat sebagai pemain termuda yang bermain di tim nasional, ketika menjalani debut pada 12 Februari 2003 saat melawan Australia. Ketika itu, Rooney masih berusia 17 tahun, dan "Tiga Singa" di bawah kendali manajer Sven-Goran Eriksson.

Debut Wayne Rooney
Wayne Rooney tercatat sebagai pemain termuda yang bermain di tim nasional, ketika menjalani debut pada 12 Februari 2003 saat melawan Australia.

Sensasi Rooney belum berhenti sampai di situ. Masih di tahun yang sama, tepatnya 6 September, Rooney menjadi pencetak gol termuda (17 tahun dan 317 hari) Inggris dalam kemenangan 2-1 atas Macedonia di kualifikasi Euro 2004.

Aksinya di turnamen internasional dimulai pada Euro 2004. Lagi-lagi, Rooney dinobatkan sebagai pencetak gol termuda ketika mencetak brace saat mengalahkan Swiss dengan skor 3-0. Rekor ini dipatahkan gelandang Swiss Johan Vonlathen, empat hari kemudian.

Yang paling monumental tentu saja pertikaiannya dengan Cristiano Ronaldo, saat Inggris bentrok dengan Portugal di babak delapan besar Piala Dunia 2006.

Wayne Rooney bertikai dengan Cristiano Ronaldo
Wayne Rooney bertikai dengan Cristiano Ronaldo saat Inggris bentrok dengan Portugal di babak delapan besar Piala Dunia 2006.

Kini, Rooney berencana membuat cerita baru. Pada Jumat (16/11/2018) dini hari nanti, Rooney akan menjalani pertandingan ke-120 bersama Inggris. Laga ini akan menjadi yang terakhir baginya dengan seragam 'Tiga Singa'.

Menjamu Amerika Serikat di Wembley tentu akan terasa emosional bagi Rooney, yang sudah 15 tahun membela tim 'Tiga Singa'. ”Berada di skuat dan melihat beberapa rekan tim lama, melihat Gareth (Southgate) dan staf pelatih, kemudian bermain di Wembley untuk terakhir kalinya, akan menjadi momen yang hebat. Jelas ini kehormatan besar bagi saya, ini pertandingan penting," kata Rooney seperti dilansir AFP, Selasa (13/11/2018).

Kendati dikenal akrab dengan berbagai pemecahan rekor, sampai ujung karier internasionalnya, Rooney belum sanggup mempersembahkan gelar bagi Inggris. Pencapaian terbaik tim ’Tiga Singa’ justru datang ketika Rooney tidak ada di dalamnya, saat menembus semifinal Piala Dunia 2018 di bawah komando Southgate.

‪Great to catch up with the lads and meet some of the new squad members
Penulis: Dodi Esvandi
Editor: Dodi Esvandi
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved