Wakili Presiden Jokowi, Bambang Brodjonegoro Buka Filantropi Festival 2018 di JCC

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Indonesia Bambang Brodjonegoro menghadiri pembukaan Filantropi Festival 2018 di Jakarta Convention Center.

Wakili Presiden Jokowi, Bambang Brodjonegoro Buka Filantropi Festival 2018 di JCC
TribunJakarta.com/Anisa Kurniasih
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Indonesia, Bambang Brodjonegoro, membuka FiFest 2018 di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta Pusat, Kamis (15/11/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Anisa Kurniasih

TRIBUNJAKARTA.COM, TANAH ABANG - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Indonesia Bambang Brodjonegoro menghadiri pembukaan Filantropi Festival (FiFest) 2018 di Jakarta Convention Center.

Bambang mewakili Presiden Joko Widodo yang berhalangan hadir karena sedang berada di Singapura untuk mengikuti KTT ke-33 Asean.

FIFest 2018 digelar Filantropi Indonesia bekerjasama dengan Dyandra Promosindo untuk menggambarkan dan mengeksplorasi keragaman, perkembangan dan kemajuan sektor filantropi yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali.

Gelaran kali ini FIFest 2018 berlangsung di Cendarawasih Hall, JCC dari 15 sampai 17 November 2018.

Festival kebajikan ini akan memberi gambaran ke publik mengenai transformasi kegiatan filantropi di Indonesia dari konvensional ke digital.

Dalam festival ini juga menampilkan beragam cara dan metode baru dalam menyumbang dan menolong sesama, khususnya yang dilakukan melalui pemanfaatan teknologi digital.

Bambang Brodjonegoro mengatakan melalui festival ini masyarakat bisa mendapatkan gambaran mengenai peran dan kontribusi lembaga-lembaga filantropi di Indonesia dalam mengatasi masalah sosial dan memajukan kepentingan umum.

Ia mengatakan, beberapa tahun lalu filantropi tidak begitu dikenal, definisi yang dikenal ialah bahwa kedermawanan hanya identik dengan orang kaya saja namun baginya, lambat laun pemahaman tersebut hilang.

"Kalau kita lihat lebih dalam lagi, sekarang filantropi lebih kepad niat seseorang untuk berbagi, bukan lagi berdasarkan statusnya saja," ujar Bambang di JCC, Kamis (15/11/2018).

Bambang berharap angka filantropi semakin meningkat dan semakin besar agar bisa memajukan kesejahteraan Indonesia.

Festival Filantropi ini diikuti lembaga-lembaga filantropi nasional dan global serta delegasi filantropi dari Tiongkok, Amerika Serikat, India, Colombia dan Singapura.

FIFest 2018 digelar pada momentum yang tepat di mana kegiatan filantropi di Indonesia tengah semarak dan berkembang pesat.

Organisasi-organisasi filantropi berperan besar dalam membantu mengatasi persoalan sosial melalui mobilisasi dan distribusi sumber daya seperti dana, barang, tenaga, keahlian dan lainnya.

Penulis: Anisa Kurniasih
Editor: Y Gustaman
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved