Breaking News:

APBD Kota Tangerang Dianggarkan Rp 4,9 Triliun, Berikut Rinciannya

DPRD Kota Tangerang mengesahkan APBD 2019 Kota Tangerang dalam Rapat Paripurna Pengesahan Raperda APBD 2019

TribunJakarta.com/Ega Alfreda
Rapat Paripurna membahas APBD Kota Tangerang di ruang rapat paripurna DPRD Kota Tangerang, Jumat (16/11/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - DPRD Kota Tangerang mengesahkan APBD 2019 Kota Tangerang dalam Rapat Paripurna Pengesahan Raperda APBD 2019 di ruang rapat paripurna DPRD Kota Tangerang.

Dalam hasil paripurna tersebut, APBD 2019 Kota Tangerang disahkan sebesar Rp 4,9 Triliun.

Pengesahan tersebut telah ditandatangani oleh Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah dan Ketua DPRD Kota Tangerang Suparmi pada Jumat (17/11/2018).

Arif mengatakan, dari sektor pendapatan, APBD Kota Tangerang tahun 2019 dipatok sebesar Rp 4,22 Triliun yang berasal dari Pendapatan Asli Daerah(PAD) sebesar Rp 1,99 Triliun, dana perimbangan Rp 1,45 Triliun dan lain-lain PAD yang sah sebesar Rp 774,09 Miliar.

"Sedangkan belanja daerah dianggarkan sebesar Rp 4,9 Triliun yang terdiri dari belanja tidak langsung sebesar Rp 1,62 Triliun dan belanja langsung Rp 3,27 Triliun," ucap Arief dalam keterangan resminya, Sabtu (17/11/2018).

Arief menerangkan, penganggaran tersebut akan digunakan untuk menangani 6 urusan wajib pelayanan dasar, 18 urusan wajib non pelayanan dasar, lima urusan pilihan dan delapan penunjang urusan.

"Dengan demikin terdapat defisit sebesar Rp 679,65 Miliar yang ditutup dari pembiayaan itu," sambung dia.

Hati-hati, Ini Sederet Zodiak yang Dianggap Paling Rawan Berselingkuh

Sederet Agenda Wali Kota Jakarta Timur Akhir Pekan Ini

Ia melanjutkan, kegiatan strategis yang akan dibangun tahun 2019 dengan anggaran tersebut yakni peningkatan kualitas jalan, membangun kampung tematik.

Juga penanganan masalah kesejahteraan sosial, pendidikan gratis untuk SD dan SMP negeri maupun swasta.

"Lalu pembangunan ruang kelas, pembangunan puskesmas dan beberapa program-program lain dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat termasuk memberikan program Jabat Sehat UHC dan program bedah rumah bagi rumah yang tidak layak huni," kata Arief.

Dikesempatan yang sama, Ketua DPRD Kota Tangerang Suparmi menuturkan, berkas pengesahan APBD 2019 Kota Tangerang akan diserahkan kepada Pemprov Banten.

"Kita sahkan. Jadi nanti tinggal nunggu. Kita serahkan ke Provinsi, dievaluasi Provinsi, setelah itu dilembar daerahkan baru diimplementasikan," tukasnya.

Penulis: Ega Alfreda
Editor: Mohamad Afkar Sarvika
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved