Giatkan Jam Belajar Masyarakat, Wali Kota Rustam Effendi Raih Komnas Anak Awards 2018

Wali Kota Jakarta Barat Rustam Effendi dianugerahi penghargaan Komnas Anak Awards 2018 di Gedung Perpustakaan Nasional, Jakarta Pusat.

Giatkan Jam Belajar Masyarakat, Wali Kota Rustam Effendi Raih Komnas Anak Awards 2018
Dokumentasi: Humas Pemkot Jakarta Bara
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak Republik Indonesia, Yohana S Yembise saat memberikan penghargaan Komnas Awarda 2018 kepada Wali Kota Jakarta Barat Rustam Effendi di Gedung Perpustakaan Nasional, Jakarta Pusat, pada Minggu (18/11/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Novian Ardiansyah

TRIBUNJAKARTA.COM, KEMBANGAN - Wali Kota Jakarta Barat Rustam Effendi dianugerahi penghargaan Komnas Anak Awards 2018 di Gedung Perpustakaan Nasional, Jakarta Pusat, pada Minggu (18/11/2018).

Raihan Komnas Anak Awards 2018 itu lantaran aktifnya Rustam sebagai pemerhati pendidikan bagi anak usia sekolah yang ada di Kota Jakarta Barat.

Rustam mengatakan, penganugerahan tersebut diberikan karena adanya program jam belajar masyarakat (JBM) yang disosialisasikan oleh Pemerintah Kota Jakarta Barat sejak Agustus 2018.

JBM sendiri merupakan penerapan waktu belajar pada malam hari bagi seluruh anak-anak usia sekolah yang ada di Kota Jakarta Barat.

"Kemarin sewaktu ditayangkan pada saat penganugerahan ya karena Jam Belajar Malam (JBM)," kata Rustam saat dihubungi, Senin (19/11/2018).

Terkait JBM, lanjut Rustam, saat ini sudah ada 102 titik lokasi penerapan JBM di seluruh Jakarta Barat.

"Masih dalam tahap mengajak masyarakat untuk menciptakan ruang dan waktu yang cukup bagi anak-anak usia sekolah belajar pada malam hari," ujar Rustam.

Disoraki Pendukung, Sadio Mane Menangis di Lapangan saat Bela Senegal

Viral Penumpang Wanita Kejar Pesawat Hingga ke Landasan karena Ketinggalan

Rustam mengatakan, tidak ingin penerapan gerakan JBM dilakukan secara tergesa-gesa sehingga cenderung bersifat paksaan.

Melainkan, ia ingin menimbulkan kesadaran di masyarakat akan pentingnya JBM bagi anak-anak usia sekolah.

"Karena sifatnya gerakan masyarakat, kita tidak terburu-buru untuk mengharuskan masyarakat melaksanakan progran JBM. Biarkan tumbuh karena kesadaran masyarakat sendiri. Pemko hanya mengajak dan menyadarkan masyarakat," jelas Rustam.

Rustam pun mengaku senang atas penganugerahan Komnas Anak Awards 2018.

"Senengnya karena program JBM mendapat perhatian dan respon yang baik," katanya.

Ia berharap, dengan raihan Komnas Anak Awards 2018 dapat menjadikan program JBM lebih bermanfaat lagi bagi masyarakat, khususnya di Kota Jakarta Barat.

"Bukan untuk saya tapi untuk anak-anak kita, khususnya anak-anak dari keluarga kurang mampu dari segi ekonomi karena orang tuanya miskin agar kelak mereka lebih pintar dan bisa bersaing dengan keluarga yang berkecukupan," tutur Rustam.

Penulis: Novian Ardiansyah
Editor: Mohamad Afkar Sarvika
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved