Ganjil Genap

Kebijakan Ganjil Genap di Gerbang Tol Tambun Berlaku Awal Desember

Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek mengatakan pemberlakuan kebijakan ganjil genap di Gerbang Tol Tambun dimulai awal Desember 2018.

Kebijakan Ganjil Genap di Gerbang Tol Tambun Berlaku Awal Desember
TribunJakarta.com/Yusuf Bachtiar
Gerbang Tol Tambun, Kabupaten Bekasi, Senin (19/11/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI TIMUR - Sekertaris Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Hindro Surahmat mengatakan pemberlakuan kebijakan ganjil genap di Gerbang Tol Tambun dimulai awal Desember 2018.

Hal itu diungkapkan Hindro saat rapat terkait penerapan ganjil genap bersama Meteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di ruang rapat Grand Dikha City, Bekasi Timur, Kota Bekasi, Selasa, (20/11/2018).

"Kebijakan ganjil genap sudah diberlakukan di GT Bekasi Timur dan Bekasi Barat, untuk di Tambun kita berlakukan juga awal Desember 2018 ini," sambung Hindro di Bekasi.

Sejak Kamis, 15 November 2018, BPTJ bersama Jasa Marga telah melakukan sosialisasi dengan cara memasang sepanduk berukuran besar di jalur menuju GT Tambun serta melalui pengeras suara kendaraan Variable Mesage Sign (VMS).

"Sekarang masih masa sosialisasi, agar masyarakat secara menyeluruh mengetahui kebijakan tersebut," jelas dia.

Setelah masa sosialisasi selesai, pihaknya akan memberlakukan uji coba terlebih dahulu.

Kedaraan yang tidak sesuai, misalnya kendaraan berplat ganjil yang masuk pada tanggal genap akan diputar balikkan oleh petugas yang berjaga di depan pintu masuk GT Tambun.

"Nanti setelah uji coba itu, pihak kepolisian langsung melakukan penindakan jika ada kedapatan kendaraan yang melanggar," ungkap Hindro.

Pemberlakuan kebijakan ganjil genap di GT Tambun sudah tertera di dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 18 tahun 2018. Dimana, dalam aturan tersebut terdapat lima GT yang rencananya akan diberlakukan kebijakan itu. Yakni, GT Pondok Gede Barat, Pondok Gede Timur, Bekasi Timur, Bekasi Barat dan Tambun.

Diharapkan dengan diterapkan kebijakan tersebut dapat mengurangi masalah kemacetan di jalan tol Jakarta Cikampek ke arah Jakarta. Sama halnya dengan Bekasi Barat dan Bekasi Timur, kebijakan ganjil genap di GT Tambun diberlakukan pada pukul 06.00 WIB - 09.00 WIB.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Y Gustaman
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved