Kejaksaan Negeri Jakarta Timur Musnahkan Barang Bukti Mulai dari Narkoba Hingga Pistol

Menurut Kepala Seksi Barang Bukti Josep Christian, pemusnahan dilakukan untuk menghindari penumpukan barang bukti yang ada di Kejari Jakarta Timur

Kejaksaan Negeri Jakarta Timur Musnahkan Barang Bukti Mulai dari Narkoba Hingga Pistol
TribunJakarta.com/Dionisius Arya Bima Suci
Proses pemusnahan sejumlah barang bukti lebih dari 300 perkara di halaman Kejari Jakarta Timur, Rabu (21/11/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, JATINEGARA - Sejumlah barang bukti lebih dari 300 kasus tindak pidana dari bulan April hingga Oktober dimusnahkan di halaman Kejaksaan Negeri (Kejari) Jakarta Timur.

Menurut Kepala Seksi Barang Bukti Josep Christian, pemusnahan dilakukan untuk menghindari penumpukan barang bukti yang ada di Kejari Jakarta Timur.

"Barang bukti yang kami musnahkan antara lain berupa ganja, sabu, ekstasi, heroin, dan beberapa obat yang menurut BPOM tidak dalam ketentuan," ucapnya kepada awak media, Rabu (21/11/2018).

"Beberapa senjata tajam dan senjata api juga turut kami musnahkan," tambahnya.

Dikatakan Josep, sejumlah barang bukti perkara besar yang ditangai Kejari Jakarta Timur seperti kasus pembunuhan seorang dokter oleh suaminya, Ryan Helmi menggunakan pistol jenis Makarov dan Revolver, serta kasus narkoba yang menimpa artis Dhawiya turut dimusnahkan.

"Ya barang bukti kasus Dhawiya dan Dokter Helmi yang menggunakan senjata api untuk membunuh istrinya juga kami musnahkan," ujarnya.

Dari 300 lebih perkara yang telah memiliki kekuatan hukum tersebut, sebagian besar didominasi oleh tindak pidana penyalahgunaan narkotika.

Tercatat, ada 305 kasus tindak pidana penyalahgunaan narkotika dengan barang bukti ganja seberat 5,4 kilogram, sabu seberat 651,9 gram, tembakau gorila sebanyai 3,7 gram, dan ekstasi sebanyak 215 butir.

Dalam Kurun Waktu Satu Bulan Terjadi 3 Kasus Pembunuhan di Jabodetabek

Tampil Meyakinkan Bersama Persija Jakarta, Marko Simic Berikan Kode Akan Perpanjang Kontrak

"Untuk wilayah Jakarta Timur, kasus narkoba masih menjadi trending tertinggi dalam kasus kriminal," ucapnya.

Pantauan di lokasi, sejumlah batang bukti senjata tajam dan senjata api dimusnahkan dengan cara dipotong menggunakan mesin pemotong.

Sementara itu, pihak Kejari dibantu oleh Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Jakarta Timur memusnahkan barang bukti narkotika.

Penulis: Dionisius Arya Bima Suci
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved