Breaking News:

Enggan Tanggapi Prediksi Jakarta Tenggelam Tahun 2025, Anies Punya Solusi Ini

Anies Baswedan enngan menanggapi pernyataan Calon Presiden nomor urut dua yakni Prabowo Subianto mengenai sebagian daerah di DKI Jakarta

TribunJakarta.com/Wahyu Septiana
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, senang setelah menyaksikan kemenangan Persija Jakarta vs Persela dengan skor akhir 3-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (20/11/2018). 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan enngan menanggapi pernyataan Calon Presiden nomor urut dua yakni Prabowo Subianto mengenai sebagian daerah di DKI Jakarta berpotensi tenggelam pada tahun 2025 mendatang.

Anies menyebut, bahwa dirinya justru tengah sibuk mempersiapkan sejumlah program untuk mencegah hal tersebut terjadi.

"Saya enggak komentar soal ramalan. Saya menyiapkan tentang program yang memang sudah direncanakan oleh pemerintah. Jadi itu tugas saya, bekerja di situ," kata Anies tadi malam, Rabu (21/11/2018).

Anies, mengakui bahwa kawasan di wilayah pesisir memang mengalami penutunan yang sangat drastis.

Hal itu, menurut Anies disebabkan oleh banyaknya masyarakat yang mengkonsumsi air tanah untuk keperluan sehari-hari hingga air tersebut tak kembali ke tanah.

"Proses penurunan tanah tidak bisa didiamkan begitu saja. Selama pengambilan air tanah terus dilakukan dan air tidak dimasukkan ke dalam tanah maka kita juga akan merasakan penurunan. Itu sebabnya mengapa sekarang kita masif menyiapkan drainase vertikal," kata Anies.

Kasus Jasad Dufi dalam Drum: Kesaksian Tetangga Lihat Korban Datang ke Kontrakan Pelaku Hari Jumat

Simak, Jadwal dan Lokasi SIM Corner Kota Bekasi Hari Ini

Sebagai informasi, Pemprov DKI Jakarta kini gencar untuk merencanakan pembuatan drainase vertikal sebagai tempat penampungan saat musim penghujan.

Nantinya, drainase vertikal tersebut diharapkan bisa mengisi kembali air tanah saat musim penghujan tiba.

Tak hanya itu, Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengaku bahwa dirinya akan meneruskan program pemerintah pusat dengan membangun tanggul raksasa di tengah pantai.

Salah satunya adalah dengan membangun National Capital Integrated Coastal Development (NCICD).

"Di sana dibangun program NCICD yang dengan pemerintah pusat untuk tanggul yang berada di pantai, dan itu akan kita teruskan, kita akan tuntaskan, harapannya untuk menjaga, mengamankan," ungkap Anies.

Cuaca Jabodetabek Hari Ini Diprediksi Cerah Berawan

Petugas Damkar Evakuasi Sarang Tawon Berdiameter 75 Cm di Setiabudi

Calon Presiden Prabowo Subianto sebelumnya mengatakan bahwa air di wilayah Tanjung Priok Jakarta Utara, akan sampai ke daerah Bundaran HI pada tahun 2025 mendatang.

Sebab, menurut Prabowo kenaikan air di wilayah Jakarta terus terjadi ditiap tahunnya.

"Diperkirakan air Tanjung Priok 2025 akan sampai pada Kempinski, Grand Hyatt, Bundaran HI. Kenaikan air ini sekian cm tiap tahun," kata Prabowo Subianto saat menjadi pembicara dalam acara Indonesia Economic Forum 2018, di Hotel Shangrila, Jakarta Pusat.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved