Breaking News:

CPNS 2018

Kurang 10 Persen Peserta Lulus SKD CPNS, KemenPAN-RB Ajukan Permen Baru

Kementerian PAN dan Reformasi Birokrasi mengakui peserta lolos Seleksi Kompetensi Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil 2018 masih rendah.

Penulis: Suci Febriastuti | Editor: Y Gustaman
TribunJakarta.com/Satrio Sarwo Trengginas
Suasana para peserta CPNS 2018 mendaftar di ruang selasar gedung Wali Kota Jakarta Selatan pada Kamis (8/11/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Suci Febriastuti

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi mengakui peserta lolos Seleksi Kompetensi Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil 2018 masih rendah.

Deputi SDM Aparatur Kemen PAN-RB Setiawan Wangsaatmaja mengatakan peserta lolos masih di bawah 10 persen dari total peserta yang mengikuti SKB.

"Secara nasional (yang lulus SKD) di bawah 10 persen, makanya kita lakukan perangkingan untuk mengisi formasi yang kosong karena kemarin tak lolos SKD," ujar Setiawan kepada wartawan pada Rabu (21/11/2018).

Setiawan mengatakan Kemen PAN-RB tengah membuat peraturan menteri menanggapi rendahnya tingkat kelulusan peserta CPNS 2018.

Hal tersebut memberikan peluang untuk peserta yang salah satu nilainya kurang dari passing grade (batas minimal) namun jika diakumulasikan memiliki nilai akhir yang tinggi.

Nilai tersebut nantinya digunakan untuk menentukan peserta CPNS yang dapat mengikuti tes selanjutnya, yakni Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

"Rangking yang tinggi masih punya kesempatan masuk ke SKB," ucap Setiawan.

Setiawan mengakui banyak peserta yang gagal di Tes Karakteristik Pribadi (TKP) karena soal lebih sulit dari tahun lalu.

Ia ingin di seleksi CPNS tahun ini melahirkan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berkualitas dan mampu bersaing secara nasional.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved