Ratusan Pencari Kerja Berharap di Job Fair Tangsel

Ratusan pelamar kerja sudah sejak pukul 08.00 WIB mendatangi Job Fair 2018 Dinas Ketenagakerjaan Pemerintah Kota Tangerang Selatan.

Ratusan Pencari Kerja Berharap di Job Fair Tangsel
TribunJakarta.com/Jaisy Rahman Tohir
Rina dan Fuji mencari peruntungan lowongan kerja di Job Fair 2018 Dinas Ketenagakerjaan Tangsel di lapangan samping ITC BSD, Serpong, Kamis (22/11/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Jaisy Rahman Tohir

TRIBUNJAKARTA.COM, SERPONG - Ratusan pelamar kerja sudah sejak pukul 08.00 WIB mendatangi Job Fair 2018 Dinas Ketenagakerjaan Pemerintah Kota Tangerang Selatan.

Para pencari kerja rata-rata berusia antara 18 sampai 25 tahun itu, mengenakan pakaian terbaiknya demi mendapat impresi dari para perwakilan perusahaan.

Disnaker menyediakan tiga tenda pada acara tersebut: tenda job fair berisi meja-meja perwakilan perusahaan yang akan menawarkan lowongan; tenda pendaftaran; dan semacam tenda khusus untuk para pejabat Pemkot yang di depannya terdapat panggung dangdut.

Ratusan pelamar tersebut harus mendaftar terlebih dahulu untuk selanjutnya antre bergantian untuk masuk tenda job fair.

Sementara menunggu, mereka harus menunggu berpanas-panasan di bawah tudung bekas lokasi gardu parkir, dan emperan duduk di sudut-sudut lapangan.

Rina, salah satu pelamar lulusan Universitas Pamulang, berharap bisa mendapatkan pekerjaan baru setelah baru seminggu lepas dari kerjaan sebelumnya.

"Kalau saya sih maunya back office, admin gitu," ujar Rina kepada TribunJakarta.com.

Ia datang bersama temannya, Fuji, yang sudah enam bulan menganggur setelah lulus dari Universitas Andalas.

Ia berharap bisa mendapat pekerjaan sebagai customer service. Baginya itu pekerjaan yang ia bisa dapatkan dengan kualifikasi sebagai sarjana di bidang Ekonomi Bisnis.

Ia sudah mengikuti empat kali job fair di Jakarta, dan ini kali pertamanya ia mengikuti di wilayah Tangsel.

"Sekali ikut bisa bawa 10 dokumen, seperti ijazah, tergantung yang diminta perusahaan," ujarnya.

Tentu tidak sedikit biaya dan waktu yang mereka siapkan. Rina dan Fuji hanya dua dari ratusan pelamar yang menggantungkan nasib dari Job Fair 2018 ini.

Penulis: Jaisy Rahman Tohir
Editor: Y Gustaman
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved