Breaking News:

Usai Peluncuran, Trans Patriot Bakal Gratis Selama 5 Hari

Trans Patriot, bakal gratis selama masa uji coba usai peluncuran yang akan dilakukan pada, Senin, 26 November 2018 nanti.

TRIBUNJAKARTA.COM/YUSUF BACHTIAR
Kondisi Bus Trans Patriot yang terparkir di Pintu Barat Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi, Selasa (27/2/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI SELATAN - Perusahaan Daerah Mitra Patriot (PDMP), selaku operator moda Transportasi masal Trans Patriot, bakal menggratiskan tarif selama masa uji coba usai peluncuran yang akan dilakukan pada, Senin, 26 November 2018 nanti.

"Tapi saat ini, lima hari kedepan masih gratis sampai nanti ketemu besaran tarif yang nantinya akan disepakati juga dengan Dishub, DPRD, dan instansi terkaitlah," kata Humas PDMP Iqbal Daut , Kamis, (22/11/2018).

Besaran tarif yang akan ditentukan, kata Iqbal, akan memperhitungkan aspek daya beli masyarakat yang terjangkau, serta jarak tempuh trayek.

"Yang pasti kami berikan usulan besaran tarif yang terjangkau bagi masyarakat. Bus yang kita miliki juga representatif ya AC, kemudian shelternya baik, tentunya akan berbeda dengan tarif umum angkutan reguler lainnya," kata Iqbal.

Dia berharap, selama masa uji coba setelah peluncuran nanti, pihaknya bersama Dinas terkait dapat segera menetapkan tiga aspek operasionalisasi moda transportasi masal.

"Moda angkutan ini ada tiga aspek, pertama aspek hukum dan aturan, aspek ekonomis serta keuntungan bagi masyarakatnya, lalu aspek sosial dampaknya, nah satu minggu kedepan mudah-mudahan PDMP selaku operator bisa menetukan oh ini metode tarifnya, lalu shelter2 mana yang perlu di perbaki," jelas dia.

Adapun rute yang akan dilayani Trans Patriot yakni Terminal Bekasi - Harapan Indah dan Harapan Indah - Terminal Bekasi.

"Dua rute dengan 21 shelter lintasan, Armada ada 9 unit, Insya Allah hari ini sudah dalam tahap pengecekan teknis dan syarat administratif lainnya, sehingga pada tanggal 26 November 2018 unit itu dapat beroperasi dengan layak,"ungkap dia.

Sempat Mangkrak, Bus Trans Patriot Segera Beroperasi Akhir November 2018

Pemkot Bekasi Serahkan Aset Trans Patriot Senilai Rp 11 Miliar ke BUMD

Trans Patriot sejatinya sempat dikenalkan pada Desember 2017 lalu. Bus tersebut rencananya dijadwalkan beroperasi tepat pada hari jadi Kota Bekasi 10 Maret 2018. Namun karena terkendala gagal lelang operator, sembilam bus yang telah tersedia akhirnya mangkrak.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved