2.692 Orang Menjadi Pendaftar Rumah DP 0 Rupiah Klapa Village Jakarta Timur

Setelah pendaftaran rumah DP 0 rupiah Klapa Village ditutup pada 20 November 2018, sebanyak 2.692 warga DKI Jakarta sudah mendaftar

2.692 Orang Menjadi Pendaftar Rumah DP 0 Rupiah Klapa Village Jakarta Timur
TRIBUNJAKARTA.COM/NAWIR ARSYAD AKBAR
Miniatur rusunami DP 0 rupiah Klapa Village, yang berada di Duren Sawit, Jakarta Timur, Senin (15/10/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nawir Arsyad Akbar

TRIBUNJAKARTA.COM, CAKUNG - Setelah pendaftaran rumah DP 0 rupiah Klapa Village ditutup pada 20 November 2018, sebanyak 2.692 warga DKI Jakarta sudah mendaftar memiliki yang berlokasi di kawasan Duren Sawit, Jakarta Timur.

Kepala Suku Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Jakarta Timur, Retno Sulistianingrum mengatakan, nantinya akan ada proses validasi data bagi warga DKI Jakarta yang sudah mendaftar, agar rumah DP 0 rupiah tepat sasaran.

“Saya melihat antusias masyarakat DKI Jakarta, khususnya warga Jakarta Timur cukup tinggi dalam proses pendaftaran DP Nol Rupiah selama jam pendaftaran berlangsung. Namun, pemohon nantinya akan dilakukan validasi data sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan,” ujar Retno saat dikonfirmasi, Jumat (23/11/2018).

Adapun proses validasi data para pendaftar, akan dicek melalui sejumlah syarat yang harus dipenuhi, seperti minimal tinggal 5 tahun di Jakarta dan sudah ber-KTP DKI, belum memiliki rumah dengan dibuktikan dengan belum pembayaran pajak rumah maka dalam hal itu mereka akan lulus tingkat pertama dalam proses pendaftaran ini.

Proses validasi data, nantinya akan dibantu oleh pihak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil), agar rumah DP 0 rupiah Klapa Village tepat sasaran.

Retno mengatakan, bahwa warga DKI Jakarta yang menjadi pendaftar sebagian besar telah memenuhi syarat-syarat yang diperlukan.

Menurutnya, dalam program ini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membantu biaya pembayaran uang muka atau DP pembelian rumah bagi warganya.

Besok Pendaftaran Terakhir Rumah DP 0 Rupiah, Kenali Tipe yang Ditawarkan

Pendaftar Rumah DP 0 Rupiah Klapa Village Sudah Tembus Angka 2 Ribu

Pemilik Rumah DP 0 Rupiah akan Disanksi Jika Menjual Huniannya Tanpa Melapor

“Biasanya sebagian warga Jakarta keberatan dengan DP yang cukup besar dalam pembelian rumah melalui program Pemerintah Provinsi DKI Jakarta,” ujar Retno.

Namun, karena hanya tersedia 780 unit di Klapa Village, bagi yang belum terdaftar nantinya akan dimasukkan sebagai daftar tunggu atau waiting list.

Nantinya, untuk calon pembeli yang waiting list bisa menunggu lebih dahulu untuk pembangunan rumah DP 0 rupiah selanjutnya, yang rencananya berlokasi di kawasan Cilangkap, Jakarta Timur.

"Ini diharapkan dapat membantu warga DKI Jakarta untuk dapat memiliki hunian yang layak," ujar Retno.

Penulis: Nawir Arsyad Akbar
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved