Perbaikan Pipa PDAM, Dishub Kota Bekasi Terapkan Contraflow di Jalan Kalimalang

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi menerapkan sistem contraflow atau lawan arah di Jalan KH. Noer Ali Kalimalang depan Rumah Sakit Budi Lestari.

TribunJakarta.com/Yusuf Bachtiar
Contraflow di Jalan Kalimalang Bekasi imbas perbaikan pipa PDAM. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI SELATAN - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi menerapakan sistem contraflow atau lawan arah di Jalan KH. Noer Ali Kalimalang depan Rumah Sakit Budi Lestari.

Penerapan contraflow dilakukan menyusul, adanya perbaikan pipa milik Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Tirta Bhagasasi yang bocor di jalan tersebut.

Contraflow dilakukan di dimulai dari depan Grand Kemala Lagoon hingga melewati depan Rumah Sakit Budi Lestari.

Kendaraan dari arah Jakarta ke Bekasi diarahkan melalui jalur contraflow untuk menghidari kemacetan imbas pekerjaan perbaikan pipa.

"Panjang ruas jalan yang dilakukan contraflow sekitar 1 km, penerapan dilakukan 24 jam selama proses perbaikan, melihat juga kondisi arus lalu lintas," kata Ridwan petugas Dishub Kota Bekasi, Kamis (29/11/2018).

Sebelumnya, Lambannya perbaikan jalan rusak di Jalan KH. Noer Ali Kalimalang tepatnya depan Rumah Sakit Budi Lestari disebabkan adanya pipa PDAM yang bocor.

Perbaikan jalan belum bisa dilakukan sebelum, PDAM Tirta Bhagasasi melakukan perbaikan pipa yang di taman di bawah jalan Kalimalang.

Kasubag Humas PDAM Tirta Bhagasasi Ahmad Fauzi mengatakan, pihaknya sejak beberapa hari lalu sudah mulai melakukan perbaikan pipa.

"Perbaikan sudah kita mulai, diperkirakan 2 atau 3 hari lagi segera rampung, posisi pipa memang berada di tengah jalan," kata Fauzi, Kamis, (29/11/2018).

Dia menjelaskan kerusakan pipa diakibatkan tekanan beban jalan KH. Noer Ali yang sering dilintasi kendaraan bertonase besar.

Posisi pipa berada di tengah jalan mulai dari Perumahan Bumi Satria Kencana (BSK) hingga ke simpang Bekasi Cyber Park (BCP).

"Sebelum pelebaran jalan posisi pipa berada di pinggir, setelah pelebaran posisinya jadi di tengah jalan, jadi truk bermuatan lebih itu dilarang melintas agar kejadian pipa rusak tidak terulang lagi," jelas dia.

Persoalan Sampah dan Mesin Pompa jadi Penyebab Banjir di Jalan Kalimalang

Pembangunan Saluran Crossing Buaran Diharapkan Jadi Solusi Masalah Banjir di Jalan Kalimalang

Dia menjelaskan, proses perbaikan jalan dilakukan pada malam hari sekitar pukul 22.00 WIB. Selama proses perbaikan, pihaknya bekerja sama dengan Dinas Perhubungan untuk mengatur lalu lintas.

"Kita minta agar selama perbaikan jalan dialihkan sementara agar tidak menggangu pekerjaan perbaikan, kita izin ke Dishub untuk dibuat contraflow," jelas dia.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved