Hari Disabilitas Internasional, Imigrasi Jakarta Barat Buka Pelayanan Khusus Penyandang Disabilitas

Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Barat hari ini membuka pelayanan paspor di Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Jakarta.

Hari Disabilitas Internasional, Imigrasi Jakarta Barat Buka Pelayanan Khusus Penyandang Disabilitas
TribunJakarta/Elga Hikari Putra
Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Barat hari ini membuka pelayanan paspor untuk penyandang disabilitas di Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Jakarta, Jumat (30/11/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Elga Hikari Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, KEBAYORAN BARU - Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Barat hari ini membuka pelayanan paspor di Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Jakarta.

Kepala Bidang Lalu Lintas dan Status Imigrasi Jakarta Barat, Felusia Sengky Ratna mengatakan ‎pelayanan ini dalam rangka menyambut Hari Disabilitas Internasional yang diperingati setiap 3 Desember.

Selain itu, ia menyebut hal ini juga sebagai terobosan Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Barat untuk lebih mendekatkan kepada masyarakat, termasuk penyandang disabilitas.

"Dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional, kami membuka pelayanan pembuatan paspor untuk teman-teman berkebutuhan khusus di YPAC," kata Sengki di kantor YPAC, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (30/11/2018).

Dalam pelayanan hari, Sengki mengatakan pihaknya menyiapkan 30 paspor bagi penyandang disabilitas.

Namun, bila antusiasme ternyata melebihi yang ditargetkan, pihaknya akan tetap ‎mengakomodasi kepada penyandang disabilitas dalam pembuatan paspor.

"Karena yang datang tidak hanya warga Jakarta saja, tapi juga ada dari berbagai kota seperti Bogor dan Bekasi. Bahkan alumni juga pada datang, makanya kita akan atur kembali waktunya," kata Sengki.

‎Dalam pelayanan ini, Sengki menuturkan pihaknya juga meluncurkan buku panduan pembuatan paspor braile bagi penyandang tuna netra.

"Untuk tahap awal, kami sudah mencetak 50 buku, kedepan kalau memang kebutuhannya cukup tinggi nanti akan kita tambah lagi," ucapnya.

Curhat Paspornya Ditahan Karena Mengurus Visa, Ashanty: Kerjaan Pun Tertunda!

Imigrasi Tangerang Jaring 30 Tenaga Kerja Asing dari China dan India Tanpa Paspor

Mudahkan Pengajuan Paspor, Kantor Imigrasi Jakarta Barat Buka Unit Layanan di Lippo Mall Puri

Ketua Pengurus YPAC Jakarta, Kumala Insiwi Suryo mengapresiasi adanya pelayanan paspor yang diadakan khusus untuk penyandang disabilitas.

"Kami sangat gembira pemerintah sudah memperhatikan anak-anak disabilitas karena mereka adalah anak-anak istimewa yang juga punya potensi," katanya.

Kumala berharap dengan adanya kemudahan dalam pembuatan paspor, para penyandang disabilitas dapat termotivasi untuk menunjukan potensi yang mereka miliki hingga ke kancah internasional.

"Karena kami juga ingin membawa mereka ini ke kancah internasional agar mereka punya kebanggaan terhadap diri mereka dan merasa tidak berbeda dengan yang lain," kata Kumala.

Penulis: Elga Hikari Putra
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved