Pernah Latih Timnas Brasil U-20 dan Thailand U-16, Teco Siap Tangani Timnas Indonesia

Pelatih Persija Jakarta Stefano Cugurra alias Teco diisukan menjadi salah satu kandidat pelatih Timnas Indonesia

Pernah Latih Timnas Brasil U-20 dan Thailand U-16, Teco Siap Tangani Timnas Indonesia
Dokumentasi Persija
Pelatih kepala Persija Jakarta, Stefano Cugurra alias Teco saat memberikan keterangan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta Pusat, Senin (19/11/2018). 

TRIBUNJAKARTA.COM- Pelatih Persija Jakarta Stefano Cugurra alias Teco diisukan menjadi salah satu kandidat  Pelatih Timnas Indonesia.

Hal ini seiring berakhirnya kontrak pelatih sebelumnya, Bima Sakti, setelah Piala AFF 2018. Kabar ini bermula dari pernyataan anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Yunus Nusi, bahwa calon pelatih Timnas Indonesia bisa saja berasal dari dua klub teratas Liga 1 musim 2018.

Sehingga, nama pelatih PSM Makassar Robert Rene Alberts dan Stefano Cugurra disebut-sebut masuk radar PSSI.

Dikutip dari Bolasport.com, Teco mengaku sudah siap apabila diminta untuk melatih Timnas. Dirinya mengaku sudah memiliki pengalaman yang cukup untuk melatih Timnas Indonesia.

Teco menuturkan, sebelumnya sudah pernah melatih Timnas U-16 Thailand dan Timnas U-20 Brasil, meskipun hanya sebagai asisten pelatih. Teco melatih Timnas U-20 Brasil pada Piala Dunia U-20 2009 di Mesir.

Saat itu, Brasil diperkuat pemain-pemain yang kini sudah tak asing buat pecinta sepak bola dalam negeri, seperti Douglas Costa, Ganso, ataupun Alex Teixeira.

Pada ajang itu, Timnas U-20 Brasil menjadi runner-up setelah kalah 3-4 dari timnas U-20 Ghana lewat drama adu penalti pada babak final.

Teco mengaku bangga pernah melatih Douglas Costa yang kini menjadi pemain utama raksasa Italia, Juventus, setelah sebelumnya memperkuat Bayern Muenchen.

"Waktu di Brasil U-20 saya sebagai asisten pelatih, ada Douglas Costa dalam tim," ujar Teco, Rabu (28/11/2018).

Direktur Persija Jakarta Ikhlaskan Stefano Cugurra Teco Jadi Pelatih Timnas Indonesia

Timnas Gagal, Ketum PSSI Edy Rahmayadi: Saya Juga Kecewa

"Dia adalah pemain yang sudah 'jadi' dibanding pemain-pemain lainnya. Waktu itu dia masih main di Gremio, ya dia pemain yang paling siap," ungkapnya

Stefano Cugurra tak menampik bahwa melatih Timnas Indonesia merupakan tugas menantang yang tak akan dilewatkan jika ada kesempatan datang kepadanya.

Terlebih, kontraknya bersama Persija juga akan habis pada akhir Desember 2018, sehingga peluang untuk mengambil tugas itu terbuka lebar.

"Semua pelatih punya target sendiri. Waktu kamu bisa melatih timnas, kamu mungkin yang terbaik dari liga," ucapnya.

"Saya pikir buat CV saya sangat bagus, apalagi sudah pernah melatih dua timnas, yaitu Brasil U-20 dan Thailand U-16. Jika bisa jadi pelatih timnas yang ketiga kalinya pasti sangat bagus," paparnya. (Yosia Margaretta)

Artikel ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul Siap Latih Timnas Indonesia, Teco: Sangat Bagus Buat CV Saya

Editor: Erik Sinaga
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved