Peringati Hari Disabilitas, Presiden Jokowi Janji Bakal Bangun Pabrik Khusus

Namun yang terpenting kata dia, bagaimana pemerintah mampu mengimplementasikan undang-undang tersebut dalam bentuk yang nyata.

Peringati Hari Disabilitas, Presiden Jokowi Janji Bakal Bangun Pabrik Khusus
TRIBUNJAKARTA.COM/YUSUF BACHTIAR
Presiden Joko Widodo saat hadiri peringatan Hari Disabilitas Internasional di Bekasi, Senin, (3/12/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI UTARA - Presiden Joko Widodo menghadiri peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2018 yang berlangsung di halaman parkir Summarecon Mal Bekasi, Bekasi Utara, Kota Bekasi, Senin, (3/12/2018).

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi berjanji bakal merealisasikan pembangunan pabrik khusus untuk penyandang disabilitas.

Adapun wacana tersebut telah digagas sejak 2014 silam.

"4 tahun lalu saya mendapat usulan membuat pabrik untuk penyandang disabilitas, waktu itu katanya mau cari tanahnya, saya tunggu-tunggu sampai sekarang belum ada kabar. Hari ini saya perintahkan Menteri Sosial selesaikan masalah ini," kata Jokowi dalam sambutannya.

Menurut dia, hak-hak untuk penyandang disabilitas sejatinya telah tertuang dalam undang-undang.

Namun yang terpenting kata dia, bagaimana pemerintah mampu mengimplementasikan undang-undang tersebut dalam bentuk yang nyata.

"Pabriknya nanti ya bisa macam-macam. Contohnya seperti garmen, elektronik atau yang lainnya. Harus ada wadah yang diberikan oleh negara untuk penyandang disabilitas," katanya.

Selain itu, Jokowi juga mengapresiasi penyelenggaraan Asian Para Games 2018 yang belum lama ini berlangsung di Jakarta.

Indonesia pada perhelatan tersebut berhasil meraih prestasi yang membanggakan.

"Indonesia menempati posisi peringkat ke-5 dengan perolehan 37 emas. Sebelumnya pada tahun 2014 Indonesia menempati posisi ke-9. Atlet yang mendapatkan emas baik Asian Games dan Asian Para Games saya setarakan dengan bonus uang sebesar Rp1,5 triliun, perak Rp500 juta dan perunggu Rp250 juta," katanya.

Dia juga menambahkan, peringatan HDI tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Tahun ini, nenurut Jokowi penuh dengan kebahagiaan dan semangat berprestasi.

"Acara yang kali ini berbeda dari yang sebelumnya, saya senang dan bahagia karena disini bisa ditunjukkan prestasi-prestasi dan kebahagiaan teman-teman," katanya.   

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved