Breaking News:

Tampil di Peringatan Hari Disabilitas, Lirik Lagu Tulus Diterjemahkan dalam Bahasa Isyarat

Peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2018 yang berlangsung di halaman parkir Summarecon Mal Bekasi, dihibur dengan penampilan Tulus

Penulis: Yusuf Bachtiar | Editor: Erik Sinaga
TribunJakarta/Yusuf Bachtiar
Penampilan Tulus di acara peringatan Hari Disabiltas Internasional 2018 di Bekasi. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI UTARA - Peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2018 yang berlangsung di halaman parkir Summarecon Mal Bekasi, dihibur dengan penampilan penyanyi Tulus, Senin, (3/12/2018).

Uniknya, saat penampilan Tulus, kegiatan yang diselenggarakan Kementerian Sosial dan Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) itu menghadirkan penerjemah bahasa isyarat.

Menggunakan layar besar yang diletakkan di samping panggung, Selama Tulus bernyanyi, penerjemahan bahasa isyarat menerjemahkan tiap bait lirik yang dinyanyikan.

Tujuannya, agar seluruh peserta yang hadir dapat menikmati penampilan Tulus, penyanyi yang neghits berkat lagu berjudul Sepatu.

Penerjemah bahasa isyarat yang menerjemahkan setiap bait lirik lagu saat Tulus tampil.
Penerjemah bahasa isyarat yang menerjemahkan setiap bait lirik lagu saat Tulus tampil. (TribunJakarta/Yusuf Bachtiar)

Di sela-sela penampilannya, Tulus juga mengucapkan rasa bagganya dapat menjadi bagian dalam peringatan Hari Disabiltas Internasional 2018. Menurut dia, salah satu tolak ukur negara maju adalah negara yang ramah disabilitas.

"Saya sangat senang bisa hadir di acara peringatan Hari Disabiltas Internasional, karena menurut saya parameter negara maju adalah negara yang ramah disabilitas, mudah-mudahan kehadiran saya di sini bisa menyemarakkan suasana dan bisa memberikan kesan yang baik untuk apa-apa yang kita ucapkan," kata Tulus di Bekasi, Senin, (3/11/2018).

Sejumlah lagu-lagu hits dibawakan penyanyi kelahiran Bukittinggi tersebut. Diantaranya Sepatu, Gajah, Teman Hidup serta lagu berjudul Manusia-manusia Kuat yang merupakan lagu resmi penyelenggaraan Asian Para Games 2018 di Jakarta.

Punya Kekurangan Fisik, Tidak Menghalangi Semangat Tulus Cari Nafkah untuk Keluarganya  

Peringati Hari Disabilitas, Presiden Jokowi Janji Bakal Bangun Pabrik Khusus

Selain penampilan Tulus, HDI 2018 di Bekasi juga menampilkan berbagai pameran melalui 70 stand yang dihadirkan.

Ketua PPDI Gufroni Sakaril mengatakan, peringatan HDI 2018 mengusung tema “Empowering Persons With Disabilities and ensuring inclusiveness and equality” yang di Indonesia diterjemahkan dalam tema nasional “Indonesia Inklusi dan Ramah Disabilitas”.

"Diikuti lebih dari 70 tenant, berisi produk disabilitas, dan layanan dari instasi untuk disabilitas," kata Gifroni.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved