Akar Pohon Beringin Tumbuh, Saluran Air Kawasan Kebon Jeruk Jakarta Barat Jadi Tersumbat

Akar pohon beringin yang tumbuh di dalam saluran air, sehingga menyumbat aliran dan sampah yang melalui saluran tersebut.

Akar Pohon Beringin Tumbuh, Saluran Air Kawasan Kebon Jeruk Jakarta Barat Jadi Tersumbat
Dokumentasi Camat Kebon Jeruk Abdullah
Sejumlah petugas saat sedang melakukan pembongkaran akar di saluran Jalan Arjuna Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Rabu (5/12/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Novian Ardiansyah

TRIBUNJAKARTA.COM, KEMBANGAN - Camat Kebon Jeruk Abdullah beserta jajaran melakukan peninjauan terhadap sejumlah saluran air yang berada di wilayahnya.

Terlebih khusus mengecek kondisi saluran air yang berada di Jalan Arjuna Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Pasalnya, beberapa waktu terakhir di daerah tersebut sempat terjadi genangan setiap kali turun hujan.

Menurutnya, genangan yang terjadi di Jalan Arjuna Selatan disebabkan oleh akar pohon beringin yang tumbuh di dalam saluran air, sehingga menyumbat aliran dan sampah yang melalui saluran tersebut.

"Betul ada akar pohon beringin," ujar Abdullah saat dihubungi, Rabu (5/12/2018).

Sejumlah petugas saat sedang melakukan pembongkaran akar di saluran Jalan Arjuna Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Rabu (5/12/2018).
Sejumlah petugas saat sedang melakukan pembongkaran akar di saluran Jalan Arjuna Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Rabu (5/12/2018). (Dokumentasi Camat Kebon Jeruk Abdullah.)

Abdullah menjelaskan, sejauh ini baru ditemukan satu titik saluran yang terdapat akar pohon di dalamnya.

"Pedagang pohon ikut bantu bongkarin akar pohon di saluran," katanya.

Meski begitu, kata Abdullah, pihaknya bersama dengan petugas Sudin Sumber Daya Air Kecamatan Kebon Jeruk tetap melakukan pengecekan ke sejumlah saluran air lainnya.

Sekaligus melakukan pengurasan dan pembersihan.

"Yang ada genangan karena saluran airnya lama tidak dikuras sehingga tali air nya tertutup. Sekarang kita sedang bongkarin bersama SDA. Kita juga telusuri tempat-tempat genangan di 7 kelurahan," jelas Abdullah.

Abdullah pun berharap nantinya tidak ada lagi genangan yang terjadi di jalan setelah dilakukan pengurasan di sejumlah saluran air.

"Saya brharap tidak ada lagi genangan di jalan apabila turun hujan. Sesuai dengan arahan Pak Wali Kota agar tali-tali air dicek," ujar Abdullah.

Penulis: Novian Ardiansyah
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved