Revolusi Industri 4.0, Pertanian Konsepnya Adalah Smart Farming

Pertanian kita tidak lagi menggantungkan diri terhadap alam. Itu karena disebabkan pertanian bisa direkayasa menggunakan teknologi.

Revolusi Industri 4.0, Pertanian Konsepnya Adalah Smart Farming
istimewa
Dialog tani universitas trilogi 

TRIBUNJAKARTA.COM- Pertanian kita tidak lagi menggantungkan diri terhadap alam. Itu karena disebabkan pertanian bisa direkayasa menggunakan teknologi.

Keterangan tersebut disampaikan rektor Universitas Trilogi, Prof Dr Ir Marsudi Wahyu Kisworo saat memberikan sambutan pada Dialog Tani Nasional & Syukuran HUT Pemuda Tani Indonesia ke 32 di Universitas Trilogi Jakarta.

Prof Marsudi menjelaskan bahwa milenial sekarang sudah masuk ke dalam revolusi industri 4.0, jika di pertanian konsepnya adalah smart farming.

“Pertanian sudah tidak lagi tunduk pada alam, pertanian sudah bisa direkayasa menggunakan teknologi” ujarnya dalam keterangannya, Senin (10/12/2012).

Prof Marsudi juga menyarankan kepada para millenials bahwa dunia ini terus berubah maka generasi millenial harus selalu siap dan menyiapkan diri atas perubahan tersebut apalagi dalam dunia pertanian.

Sementara itu, pembicara kunci Haerul Saleh selaku Sekretaris Jenderal Pemuda Tani indonesia menyoroti bagaimana pertanian adalah sumber kehidupan.

“Kita sangat membutuhkan pertanian dan petani. Sayangnya minat generasi muda untuk menjadi seorang petani maupun bersinggungan dengan pertanian itu masih minim, karena stigma petani masih dianggap sebagai pekerjaan orang miskin, pekerjaan orang rendah dan pekerjaan orang yang tidak sekolah. Maka dari itu kita mesti mengambil peran di dunia pertanian untuk memajukannya" kata dia.

Dialog tani menghadirkan 3 orang narasumber yaitu Adi Pramudya selaku pengusaha pertanian yang pernah dinobatkan sebagai pemenang Kick Andy Heroes, Arman selaku Kepala Program Studi Agribisnis Universitas Trilogi dan Iskandar selaku Humas Otoritas Jasa Keuangan.

Adi Pramudy menceritakan perjalanan usahanya yang jatuh bangun dimulai dari jualan pisang cokelat, sales deterjen dan lain-lain.

Dia akhirnya tertarik dalam dunia pertanian dan menggeluti bisnis pertanian rempah.

Politisi PDIP: Kini Arah Pangan dan Pertanian di Indonesia Menyasar yang Tepat

Perbarui Fasilitas dan Metode Belajar Jadi Kunci Lulusan UMN Hadapi Industri 4.0

“Hal inilah yang harus menjadi pembelajaran generasi sekarang dalam berwirausaha terutama bidang pertanian," kata dia.

Tantangan sekarang adalah minimnya generasi muda yang terjun di dunia pertanian, solusinya adalah “kita harus turun menggeluti dunia pertanian dimulai semenjak menjadi mahasiswa pertanian, bukan ketika setelah lulus, karena ketika lulus tuntutan-tuntutan lain akan lebih banyak” tutur Arman.

Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved