Breaking News:

Pemerintah Bakal Bangun Saluran Air Cegah Kebocoran Tanggul Laut Muara Baru Genangi Pemukiman

Sebab, menurut Ferdinanto, air tidak bisa dibendung. Air akan mengalir dan mencari celah lainnya sehingga kebocoran pun tak terhindarkan.

Penulis: Gerald Leonardo Agustino | Editor: Wahyu Aji
TRIBUNJAKARTA.COM/GERALD LEONARDO AGUSTINO
Tanggul laut yang berada di pemukiman RT 20/RW 17 Muara Baru, Kelurahan Penjaringan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, retak. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, PENJARINGAN - Kementerian PUPR akan menangani retaknya tanggul di pemukiman RT 20/RW 17 Muara Baru, Kelurahan Penjaringan, Kecamatan Penjaringan.

Kerekatan tanggul sampai membuat air laut rembes dan mengucur sampai jalan turunan ke arah pemukiman.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pelaksanaan Pembangunan Terpadu Pesisir Ibukota Negara (PTPIN) Kementerian PUPR, Ferdinanto menjelaskan penyebab rembesnya air adalah kondisi tanggul yang sudah cukup tua.

"Ini kan strukturnya sudah lama ya. Struktur yang lama itu kan pasti ada bocoran-bocoran dari laut. Air kan jangankan beton, plastik aja kalo bocor pasti akan rembes kan," kata Ferdinanto saat ditemui, Selasa (11/12/2018).

Ferdinanto menjelaskan, tanggul tersebut adalah tanggul lama yang sudah berdiri sejak tahun 2002. Pernah pada 2007, tanggul tersebut jebol sehingga air laut masuk hingga ke pemukiman dan menyebabkan banjir bandang.

Dijelaskan Ferdinanto, pemerintah pun pada tahun 2014 melakukan penanganan.

Kementerian PUPR membangun tanggul pengamanan tahap 1 yang lokasinya berada 80 meter di depan tangggul lama yang jebol.

"Nah 2014 Kementerian PUPR melalui Dirjen Sumber Daya Air melakukan penanganan tahap 1, namanya tanggul pengamanan pantai tahap 1," ucap Ferdinanto.

Tanggul pengaman pantai yang baru dilanjutkan pembangunannya hingga tahun ini. Tanggul yang sudah dibangun untuk mengantisipasi rob di Muara Baru sepanjang 1,9 kilometer.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved