Wali Kota Jakarta Barat Optimalkan Pemberantasan Sarang Nyamuk Serentak Tekan Kasus DBD

Jakarta Barat menjadi wilayah dengan kasus demam berdarah dengue (DBD) tertinggi se-DKI Jakarta.

Wali Kota Jakarta Barat Optimalkan Pemberantasan Sarang Nyamuk Serentak Tekan Kasus DBD
Tribunnews.com/net
Nyamuk demam berdarah 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Novian Ardiansyah

TRIBUNJAKARTA.COM, KEMBANGAN - Jakarta Barat menjadi wilayah dengan kasus demam berdarah dengue (DBD) tertinggi se-DKI Jakarta.

Wali Kota Jakarta Barat Rustam Effendi mengatakan terdapat empat dari delapan kecamatan yang mempunyai kasus DBD terbanyak di Jakarta Barat.

"Kita deteksi ada empat kecamtan yang tinggi, Kalideres, Cengkareng, Grogol Petamburan dan Palmerah. Tapi kita selidiki lagi dengan itu barangkali ada juga di wilayah lain," ujar Rustam di Kantor Wali Kota Jakarta Barat, Rabu (12/12/2018).

Rustam menyebutkan tingginya kasus DBD di Jakarta Barat bisa disebabkan oleh berbagai faktor di antaranya, faktor cuaca hingga menimbulkan percepatan perkembangbiakan nyamuk.

"Antara lain faktor cuaca dan menjadi tempat berkembangbiaknya nyamuk. Saya lakukan evaluasi lagi dan kita akan gerebek keluarahan-kelurahan mana yang paling tinggi," ucapnya.

Sebetulnya, Pemerintah Kota Jakarta Barat sendiri sudah melakukan upaya pencegahan kasus DBD dengan kegiatan rutin pemberantasan sarang nyamuk (PSN).

Cara itu pun dirasa efektif untuk memutus rantai perkembangbiakan nyamuk, baik itu yang berada di rumah tangga maupun di lingkungan sekitar.

Maka dari itu, Rustam akan kembali mengoptimalkan upaya pencegahan kasus dengan cara kegiatan PSN serentah di setiap wilayah, mulai dari RT, RW, Kelurahan, dan Kecamatan.

"Melihat kondisi sekarang ini Jakarta Barat tertinggi, makanya harus kita upayakan gerakkan masyarakat untuk memberantas sarang nyamuk ini dengan kegiatan PSN dan fogging. Nah, caranya dengan PSN yang serentak dan didukung RT, RW," ujarnya.

Sementara itu Kepala Suku Dinas Kesehatan Kota Jakarta Barat, Weningtyas Purnomo Rini mengungkapkan adanya kegiatan PSN tersebut sangat memberikan dampak terhadap penurunan jumlah kasus DBD dari sebelumnya.

Satu Orang Meninggal Diduga karena Demam Berdarah, Wali Kota Depok: Kami Sedang Mendata

Pelajar SMP di Depok Meninggal Karena Terjangkit Demam Berdarah

"Kalau kecamatan tetap di Cengkareng, Kalideres, dan Grogol Petamburan. Tetapi Grogol Petamburan sudah turun. Memang masih yang paling tinggi, sudah banyak inovasi lah yang dilakukan di Jakarta Barat ini untuk penanggulangan DBD. Harapan ke depan semua lintas sektor dan masyarakat terlibat dalam penanggulangan DBD ini," tutur Weningtyas.

Penulis: Novian Ardiansyah
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved