Kabel Saluran Air Penyebab Genangan di Jakarta Selatan Capai Ratusan Titik

Kabel-kabel yang berada di saluran air Jakarta Selatan mencapai ratusan titik.

Kabel Saluran Air Penyebab Genangan di Jakarta Selatan Capai Ratusan Titik
TribunJakarta.com/Satrio Sarwo Trengginas
Pemerintah Kota Jakarta Selatan meninjau pemotongan kabel di saluran air yang menyebabkan air meluap di Jalan Fatmawati pada Kamis (13/12/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Satrio Sarwo Trengginas

TRIBUNJAKARTA.COM, CILANDAK - Kabel-kabel yang berada di saluran air Jakarta Selatan mencapai ratusan titik.

Imbasnya, sampah-sampah tersangkut lantaran kabel menghalangi arus air.

Hal itu pun menjadi satu di antara biang keladi timbulnya banjir di wilayah Jakarta Selatan seperti yang mendera kawasan Jalan Raya Fatmawati.

Kawasan tersebut menimbulkan genangan air yang cukup parah saat hujan deras.

Kepala Bidang (Kabid) Kelengkapan Prasarana Jalan dan Jaringan Utilitas (KPJJU) Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Junaedi Nelman mengatakan ada banyak kabel yang melintang di wilayah Jakarta Selatan.

"Ada banyak sekali kabel yang bersinggungan dengan saluran air. Ya, ratusan titik tapi kita enggak bisa hitung satu per satu. Yang jelas kita imbau kalau tidak ditindaklanjuti akan kita potong. Banyak yang melanggar itu terutama di jalan-jalan Arteri," katanya saat peninjauan kabel melintang di Jalan Fatmawati Kamis (13/12/2018).

Sementara, Wali Kota Jakarta Selatan, Marullah Matali mengatakan genangan air yang tinggi tak hanya terjadi di Jalan Fatmawati.

Ia mengatakan di wilayah Pasar Minggu pun ditemukan kabel yang melintang.

"Ada beberapa titik yang lain setelah kita sidak. Di Warung Jati Barat (Kec. Pasar Minggu juga ada. Yang penting kita imbau dalam hal ini melalui Bina Marga, kalau masih enggak juga akan kita potong. Biasanya setelah kita potong baru banyak yang complain. Tapi kita sudah imbau sebelumnya," tambahnya kepada TribunJakarta.com.

Pantauan TribunJakarta.com, Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matali memotong kabel di saluran air yang menimbulkan genangan air cukup parah di Jalan Fatmawati.

Kabel yang dipotong di antaranya sejumlah kabel Fiber Optik, PT Telkom maupun PT Palyja.

Perwakilan PT Palyja, Rizal Wahyudi mengatakan pihaknya akan memindahkan kabel-kabel miliknya setelah ditegur oleh pemerintah Kota Jakarta Selatan.

Wali Kota Jaksel Nongkrong 1 Jam Saat Hujan Lihat Penyebab Genangan Air di Fatmawati

Antisipasi Genangan Air di Fatmawati, Pemkot Jakarta Selatan Potong Kabel yang Ganggu Saluran Air

"Intinya kita tidak lagi mengganggu saluran air. Kita secara teknis tidak lagi menggangu dan kabel-kabel yang sudah dipotong akan didiskusikan dengan Bina Marga antara dipasang ke bawah atau ke atas," tambahnya.

Penulis: Satrio Sarwo Trengginas
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved