(Video) Cerita Anwar, Tukang Servis Penyandang Disabilitas Berkeliling Jakarta Memburu Barang Bekas

Dengan menaiki sepeda roda tiganya, Anwar (50) harus berjibaku bersama para pengendara lainnya untuk menembus kemacetan jalanan ibu kota.

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Elga Hikari Putra‎

TRIBUNJAKARTA.COM, PANCORAN - Dengan menaiki sepeda roda tiganya, Anwar (50) harus berjibaku bersama para pengendara lainnya untuk menembus kemacetan jalanan ibu kota.

Tangan kanan Anwar mengayuh pedal sepedanya. Sedangkan tangan kirinya tampak mengenggam erat setang sepeda yang ia kemudikan.

Sementara di kursi belakang, duduk anak perempuannya yang masih berusia 6 tahun yang ikut bersamanya berkeliling.

Anwar adalah penyandang disabilitas yang berkeliling dari rumahnya di kawasan Cipinang, Jakarta Timur untuk mencari barang-barang elektronik yang sekiranya masih bisa untuk diperbaikinya kembali.

Sudah 8 tahun ini, sejak kakinya lumpuh usai ditabrak motor di dekat tempat tinggalnya, Anwar harus berkeliling menggunakan sepeda roda tiga yang telah dimodifikasi.

Selain beroda tiga dan menggunakan pedal yang dikayuh dengan tangan di sebelah kanan, sepeda ini juga atapnya ditutupi terpal untuk menghalau teriknya matahari.

Terdapat dua kursi di sepeda ini yang mirip dengan sepeda odong-odong. Sebuah tongkat diletakan memanjang untuk Anwar gunakan bila berjalan.

"Pakai sepeda sejak 2010 pas setelah kecelakaan. Awalnya pakai kayu semua kemudian tahun 2011 saya pesan kayak gini Rp 1,2 juta, jadinya lebih lega dan kuat," kata Anwar saat berbincang dengan TribunJakarta.com di pinggir Jalan MT Haryono, Jakarta Timur, Kamis (13/12/2018).

‎Anwar bercerita minimal setiap dua hari, ia mengayuh sepedanya dari rumahnya di kawasan Cipinang menuju berbagai tempat.

Halaman
12
Penulis: Ega Alfreda
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved